Jalan Pinggir

Viral, Humor Kyai Sahal tentang Blusukan, Sepatu Biru Ngga Bisa Apa Apa..

Kita ini akan dijajah Nak! Sedang dijajah. Dan akan dijajah kembali!

Kanigoro.com – Video ceramah Pengasuh Pondok Pesantren Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal yang terekam dalam video pendek ini penuh makna sekaligus membuat ketawa karena menggunakan istilah-istilah yang lagi popular.

Rekaman tersebut mulai ramai diposting di jejaring twitter.

Dalam video tersebut, nampaknya Kyai Sahal sedang mengingatkan hadirin dan para santrinya tentang bahaya penjajahan. Namun di antara pesan-pesan yang penuh semangat dan penuh makna, seperti umumnya para Kyai selalu bisa menyelipkan kata-kata humor yang bermutu sekaligus punya makna sindiran terhadap situasi aktual.

Dalam video tersebut Kya Sahal menyatakan:

Pesantren berdiri berabad abad, Untuk membentengi bangsa Indonesia, membentengi umat Islam, dari pengaruh-pengaruh kekafiran. Dan dari pengaruh penjajah dan penjajahan. Kalau ada Kyai tapi tidak anti penjajah dan penjajahan, itu Kyai palsu, Kalau santri ada santri tidak anti penjajahan? Itu santri palsu. Kalau pesantren tidak anti penjajahan, Itu pesantren?? Yang dijawab hadirin dengan “Pesantren Palsu”.

Kyai Sahal juga meneruskan: Kita ini akan dijajah nak! Sedang dijajah nak. Dan akan dijajah kembali! Subahanallah. Dengan caranya masing masing oleh kaum Lan Tardho..

Kyai Sahal menambah: Saya datang ke sini, Silaturahim, silatul a’mal. Silatul Aro (tukar ide). Silatul Informasi.
Bukan Silatul.. SEPATU BIRU NGGA BISA APA APA (BLUE SHOES CAN’T) ?BLUSUKAN..

Lebih lengkap video lengkapnya bisa dilihat di sini:

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya
Scroll Up