Jalan Pinggir

Menuju Hari Anak Nasional, Forum Anak Pandeglang Pentaskan Wayang Dukung Pandeglang Kabupaten Layak Anak tanpa Rokok

Kanigoro.com – Petualangan 365 Hari FCTC Warrior di 25 Kota telah memasuki kota ke 23. Kali ini giliran Warrior Kabupaten Pandeglang yang mendapat kepercayaan menyambut kedatangan Wayang FCTC Warrior.

Antusias mementaskan Wayang FCTC di kotanya, Warrior FCTC Pandeglang, Imam Rahma Sanjaya, pun bersemangat menjadi dalang di acara pementasan wayang. Ia dibantu Amwal Syahrul, Duta Anak Pandeglang.

Mereka mementaskan wayang FCTC warrior di Tugu Badak, Alun Alun Pandeglang pada Minggu (8/7/2018). Hadir menonton pementasan wayang sejumlah anak-anak bersama orang tua mereka, serta para pegiat Forum Anak Pandeglang.

Momen pementasan wayang dimanfaatkan Imam dan Forum Anak Pandeglang untuk memperluas dukungan masyarakat Pandeglang agar iklan, promosi dan sponsor rokok dilarang di seluruh wilayah Pandeglang, supaya kota mereka segera meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Yang unik dari pementasan wayang FCTC warrior ini, kata Imam, karena wayang yang ditampilkan mewakili karakter 6 Superhero yang ingin menyelamatkan anak Indonesia dari dampak konsumsi rokok dan dari target pemasaran rokok. “Misalnya ada tokoh smoke free zone yang ingin menyelamatkan anak indonesia dari paparan asap rokok,” kata Imam yang juga menjadi Pembaharu Muda FCTC.

“Dukungan yang kami sampaikan melalui pentas wayang ini sekaligus menyambut perayaan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli mendatang,” tambah Imam.

Biasanya setiap peringatan HAN pada 23 Juli anak-anak Indonesia mengumandangkan Suara Anak-anak Nasional. “Nah, kami sebagai anak muda Pandeglang juga ingin menyuarakan suara kami di sini, agar Kabupaten Pandeglang berani melarang iklan, promosi dan sponsor rokok, serta meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak,” kata Imam, yang juga aktif sebagai fasilitator Forum Anak Nasional.

Menurut Bilqist, Ketua Forum Anak Pandeglang, dukungan melalui pementasan wayang FCTC juga sebagai kontribusi anak muda Pandeglang untuk mewujudkan Indonesia emas tahun 2030. Sudah banyak studi menyebutkan bahwa iklan rokok mempengaruhi anak muda untuk merokok, sehingga meningkatkan jumlah perokok muda. Ini mengakibatkan anak muda perokok menjadi tidak produktif justru di saat usia produktif 25 – 35 tahun,” ujar Bilqist.

Pesan dukungan dari anak muda Pandeglang sebelumnya juga sudah pernah disuarakan. Pada akhir 2017, Imam Bersama Forum Anak Pandeglang membuat Surat Terbuka yang ditujukan kepada Bupati Pandeglang. Isi Surat Terbuka adalah dukungan kepada Bupati Pandeglang untuk segera melarang iklan rokok, karena dampak iklan rokok yang mempengaruhi anak muda, khususnya pelajar Pandeglang, untuk merokok. Tapi sayang, sampai saat ini iklan rokok masih tetap terlihat di beberapa tempat di Pandeglang. Karena itu Imam dan anak muda pegiat Forum Anak Pandeglang, ingin mendapatkan komitmen pemerintah Kabupaten untuk melarang iklan rokok tersebut.

Pihak pemerintah daerah sendiri sangat mengapresiasi acara pementasan wayang FCTC yang dimotori warrior FCTC dan forum anak Pandeglang ini. Raden Dewi Setiani, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Pandeglang ikut hadir menyaksikan pementasan wayang.
“Dukungan untuk mewujudkan Pandeglang sebagai kabupaten layak anak tanpa iklan promosi dan sponsor melalui pementasan wayang FCTC sesungguhnya sangat kreatif. Sekaligus menunjukkan komitmen anak muda untuk menjadi pelopor, berani bersuara membantu pemerintah daerah mewujudkan masa depan Pandeglang yang sehat dan produktif,” kata Dewi.

Selain pementasan wayang FCTC warrior, acara hari ini juga dimeriahkan dengan ragam kegiatan lain seperti pembacaan deklarasi anak muda Pandeglang mendukung terwujudnya Kabupaten Pandeglang layak anak tanpa iklan rokok, pembacaan puisi, permainan tradisional, dan pengumpulan identitasku untuk mendukung Indonesia aksesi FCTC.

Setelah Pandeglang, Wayang FCTC akan diperjalankan kembali dalam rangkaian Petualangan 365 hari FCTC Warrior di 25 kota. Kota Bekasi sudah menunggu untuk menerima estafetke-24 Wayang FCTC Warrior.
FCTC Warrior sendiri adalah 40 anak muda dari 25 kota di Indonesia yang berkolaborasi menolak hegemoni industri rokok dan menolak menjadi target pemasaran industri rokok.

Mereka telah mengikuti Konferensi Youth Summit di Bogor pada Mei lalu dan mendeklarasikan Suara Anak Muda untuk FCTC di Jakarta. Sejak Agustus lalu, Wayang FCTC yang menjadi simbol FCTC Warrior, diperjalankan ke 25 kota untuk mengajak lebih banyak anak muda bersuara menolak menjadi target pemasaran industri rokok (Azr).

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait