Jalan Pinggir

Hj Dede Ruyati Hasbullah : Potret Indah Reuni 212

Kanigoro.com – Setelah momen reuni 212 usai, fotonya memenuhi linimasa permedsosan tanah air. Ia perempuan tangguh yang menggambarkan kesungguhan hati, kebulatan tekad dan kekuatan iman. Meski umurnya tak lagi muda, badannya ringkih tanda uzur, ia berada di tengah-tengah lautan manusia di jantung ibukota Jakarta. Duduk tegak penuh semangat bersandar pada satu kekuatan maha dahsyat: LAILAHAILALLAH.

Namanya Hj. Dede Ruyati Hasbullah, Istri KH. Endang Hasbullah Hafidzi (Alm), yang merupakan pendiri dari Yayasan Darul Hikam Bandung, ibu dari Singa Parlemen Republik Indonesia Dr. H.Soddik Mujahid, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI bidang keagamaan.

Aktifis Syarikat Islam (SI) ini tak mau kalah dengan para jamaah lain dari seluruh pelosok negeri. Umurnya sudah 90 tahun, jalannya tertatih-tatih kadang meski dipapah. Langkahnya seringkali terhenti untuk sekedar menarik nafas panjang. Namun, fisik tak bisa menghalangi jiwanya yang bergelora.

Jauh dari rumahnya di daerah Dago, Coblong, Bandung, Jawa Barat. Ia tak ingin absen untuk menyaksikan peristiwa bersejarah dan silaturahmi umat Islam setanah air. Hatinya tergerak untuk bersua secara langsung dengan saudara seimannya. Kakinya tak lagi kuat, namun langkahnya begitu ringan, meski jalan yang ditempuh cukup panjang -mengingat umurnya yang sepuh dan tubuhnya yang lemah. Ada cita-cita dan semangat yang menguatkan raganya: tegaknya Islam di muka bumi dan menjadi rahmat bagi semesta alam.

Kisah Hj. Dede adalah satu dari sekian banyak potret keindahan reunian 212.

Kita  yang hadir secara langsung dalam momen sejarah 212 menyaksikan banyak sekali keindahan-keindahan lain yang terjadi. Kita menemukan ukhuwah (persaudaraan) Islamiyyah, ada kemuliaan akhlak, ada pengorbanan harta benda dari dan untuk sesama muslim, ada infaq dan shadaqah, sikap saling nasihat menasihati bagi yang khilaf menginjak rumput dan membuang sampah tidak pada tempatnya. Islam hadir sangat ramah jauh dari kata suram dan menakutkan.

Perjuangan Hj. Dede Ruhyati Hasbullah ini menjadi inspirasi bagi kita bahwa begitulah kekuatan iman. Kita semua bersepakat: tak ada satu kekuatanpun orang atau lembaga yang mampu mengundang dan menuntun ummat sebanyak aksi 212 dan reuni 212. Maka maha benar firman Allah Tuhan yang esa: Jika Allah berkehendak maka tak ada yang mampu menghalangi atau menggagalkannya.

Wallahua’lam

(Laporan: A Jojon Novandri)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait