Jalan Pinggir

Hari Disabilitas Internasional, CAGAR Foundation Canangkan Hari Insan Berkemampuan Khusus

Kanigoro.com – Hari Disabilitas Internasional (International Day of People with Disability (IDPwD), diperingati setiap 3 Desember di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap penyandang disabilitas.

Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah (CAGAR Foundation) akan mencanangkan IBK’s Day atau hari Insan Berkemampuan Khusus, pada Ahad, (8/12) di Auditorium LSPR Jakarta Jl. K.H. Mas Masyur, Kav, 35 Sudirman Park Campus, Jakarta.

Dengan moto “Future of Empowerment”, diharapkan pencanangan ini bisa menjadi momentum bagi pemberdayaan insan berkemampuan khusus untuk hidup lebih mandiri, mampu berkarya dan bekerja.

Deka Kurniawan, pendiri Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah (CAGAR Foundation) menjelaskan IBK’s Day adalah gerakan membangun Awareness (Kepedulian) dan Care (Perhatian) berupa proyek sosialisasi dan edukasi masyarakat serta advokasi kepada negara.

“Kita akan mengubah paradigma masyarakat dan negara, dari penyebutan istilah Berkebutuhan Khusus (Special Needs) menjadi Berkemampuan Khusus (Special Ability).“ kata lelaki yang berprofesi sebagai pendakwah dan motivator ini.

“Ini penting sebab, diksi atau kata “Berkemampuan” mendorong masyarakat untuk tidak lagi memperlakukan mereka berdasarkan belas kasih semata, tapi juga berdasarkan pemenuhan hak mereka yang merupakan kewajiban kita sebagai masyarakat.” terang Deka.

Dalam perhelatan tersebut akan di deklarasikan IBK’s Day dan pemberian Award untuk tokoh yang peduli Insan Berkemampuan Khusus. Tokoh–tokoh tersebut dinilai telah mendukung, berkarya dan menginspirasi bagi dunia disabilitas.

Masih dalam rangkaian pencangan IBK’s Day, CAGAR foundation juga menggelar rangkaian kegiatan, seperti Pelatihan motivasi Guru dan orangtua “cerdas kuat dan terampil menangani Anak Berkemampuan khusus” bersama Motivator Aris Ahmad Jaya 16 November 2019 di Balai Patriot Kota Bekasi, Sosialisasi dan Edukasi di Car Free Day Bekasi dan Jakarta, Sosialisasi dan Edukasi di Sekolah SDIT Al-Muzzamil, Praktik Kerja lapangan bagi IBK di Counter Resto Sabana Fried Chicke, PORA (Pekan Olahraga Rumah Autis) 18-19 Desember 2019 di GOR Patriot Candra Bhaga.

Pencanangan IBK’s Day ini juga mengundang sejumlah tokoh seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Anggota DPR Akhmad Syaikhu, Prita Kemal Gani, (Pegiat/pemerhati pendidikan), Mas Mono (pengusaha UMKM), Lembaga Swadaya Masyarakat (NGO) serta 200 undangan lainnya.

IBK’s Day ini juga menjadi ajang peringatan 15 tahun berdiri dan berkhidmatnya CAGAR Foundaton di dunia disabilitas. (Rls)

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker