Jalan Pinggir

Caleg Ini Kritik Rencana Pemprov DKI Tertibkan Ondel-ondel

Kanigoro.com – Abdul Rasyid Direktur Sabang Merauke Institute menyatakan protes kepada Pemprov DKI Jakarta yang akan menertibkan pengamen ondel-ondel karena dianggap meresahkan.

Menurut Abdul Rasyid, Ondel-ondel adalah bahagian dari kesenian dan kebudayaan Betawi yang mestinya dilestarikan. Salah satu pelestarinya, adalah para pengamen itu.

Sama halnya dengan Odong-odong yang harus diakui ikut melestarikan lagu anak-anak yang mendidik dan sudah tidak diminati lagi oleh radio dan televisi.

Abdul Rosyid yang juga Caleg DPR RI Dapil Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri ini menyarankan agar pihak Dinas Pariwisata dan Budaya DKI sebaiknya mengundang mereka, “Bicarakan baik-baik, beri mereka solusi.Sebab di negara maju sekalipun, seperti Amerika, Jerman, Perancis, yang namanya pengamen tetap masih ada” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Rasyid tunjukkan pada mereka dimana tempat ngamen yang diperbolehkan, misalnya di sekeliling Monas, di CFD setiap hari minggu, “Beri mereka pengenal sebagai tanda bahwa mereka telah mendapat pembinaan, kalau perlu diberi honor sebagai pelestari budaya Betawi yang dimasukkan dalam APBD DKI” katanya.

Menurut Rasyid kalau sekedar ditertibkan, itu soal gampang saja, orang lemah tak akan punya cukup daya dan upaya menantang kehendak pejabat, tapi persoalannya apakah sebagai pejabat sudah melakukan tindakan bijak terhadap warganya. (*)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya
Scroll Up