Jalan Pinggir

Biasakan Mikir Dulu

Oleh: Abu Wildan
(Mubaligh tinggal di Sidoarjo, Jatim)

Pemimpin DKI Jakarta, Gubernur Anies Rasyid Baswedan, sungguh sangat menggugah empati banyak pemerhati dan dukungan. Terutama Ulama, Habaib dan para Sholihin yang berada dalam shof ini. Selain itu tidak! Walau semacamnya. Oleh karena, sama sekali beda arah niat & doa-doanya.

Di saat Anies ditendang dari kabinet JW, Alhamdulillah, dari kursi Mendikbud, barangkali sebersit pun tak terlintas, baik dalam pikiran atau perasaan, jika langkah selanjutnya Anies akan memimpin Ibukota Negara.

Segala skenario memang berada pada kehendak dan ketentuan Allah SWT. Begitulah jalannya taqdir ilahi, agar tidak ada klaim, menyematakan ikhtiar diri pribadi sebagai penentu.

Kekuasaan Allah SWT bersama komunitas kaum mukminin di seluruh tanah air berperan utuh membingkai Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dialah, Allah SWT, yang menuntun perjalanan mulus ke singgasana tahta kepemimpinan daerah khusus ibukota Jakarta.

Sekarang ini berkembang predikat buat Sang Mantan Rektor Universitas Paramadina itu, adalah: Gubernur Indonesia! Dari berbagai info, Anies pun terkenal sangat hati-hati lagi cermat.

Demikian pula manakala unjuk dua jari khas Capres Prabowo-Sandi. Tentu segala sesuatunya telah dipelajari aturan mainnya sebelum dilakukan. Apalagi, Anies, dikenal sebagai pejabat yang teliti, terencana dan terukur dalam setiap mengambil keputusan.

Di samping sesuai dengan banyak orang bilang: mikir dulu, baru bertindak, maka begitulah gambaran publik terhadap sosok mantan Mendikbud ini.

Bukan sebaliknya, bertindak dulu, mikir belakangan. Ada juga yang janji dulu, tapi nggak pakai mikir. Namun juga seliweran istilah yang viral di sementara kalangan, bicara saja susah, bagaimana mikir.

تفقهوا قبل أَنْ تسودوا
Tafaqqohu qobla an tusawwadu
“Pahamilah terlebih dahulu ilmu sebelum menjadi pemimpin” (Umar bin Khoththob)

العلم إمام العمل و العمل تابعه
Al’ilmu imamul’amali wal’amalu tabi’uhu
“Ilmu adalah pemimpin amal, dan amal adalah pengikut ilmu” (Mu’adz bin Jabal) (Sudono Syueb/ed)

Selamat berakhir pekan,
13/01/2019

 

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait