Dunia Islam

THR Versi Ustadz Ahmad Yani

Kanigoro.com – Menjelang berakhirnya Ramadhan, pegiat manajemen masjid Ustaz Ahmad Yani berpesan kepada kalangan umat Islam untuk mengingat THR. Tapi THR yang ini bukan Tunjangan Hari Raya yang kini sedang ramai dibicarakan dan akan dibagikan kepada seluruh PNS/ASN di Indonesia. THR yang dimaksud adalah Taubat, Husnudzan dan Ridha. “Di akhirnya Ramadhan ini, sebaiknya kita perkuat diri pribadi dengan THR”, kata pengurus pusat Dewan Masjid Indonesia yang rajin memberikan pelatihan manajemen masjid ini.

Mengapa Taubat, Husnudzan dan Ridha perlu kita perkuat? Berikut uraiannya lebih lengkap:

1. Taubat

Taubat itu kembali kepada Allah SWT, Dia sudah menyatakan dekat kepada kita, tapi dosa demi dosa membuat kita jadi merasa jauh. Dekati lagi dengan taubat, ini membuat kita bagai tidak punya dosa.

Taubat harus segera kita lakukan karena mati jangan sampai bawa dosa. Di dunia, dosa membuat kita jadi lemah, termasuk di hadapan orang lain.

2. Husnudzan

Husnudzan itu baik sangka. Ini merupakan cara berpikir dan merasa yang positif. Baik sangkalah kepada Allah SWT. Hidup ini memang ada enak dan tidak. Kalau enak, Allah dibilang sayang, bila sebaliknya Allah dibilang tidak adil. Baik sangkalah kepada diri sendiri bahwa kita mampu dan bisa lebih baik. Serta baik sangkalah kepada orang lain, ucapkan Alhamdulillah dan turut gembira atas kebaikan yang orang lain capai.

3. Ridha

Ridha itu menerima kepada Allah atas apa yang ditentukan. Lelaki menerima jadi laki, tidak bilang enakan jadi perempuan atau ingin jadi perempuan, begitu juga yang jadi perempuan. Terima saja jadi anak dari seorang bapak dan ibu, jangan berkata “enak kali jadi anak dan ibu itu”. Terima juga apa yang diberikan Allah kepada kita, kalau merasa kurang banyak cari saja lagi, yang sudah ada syukuri saja.

Lebih penting lagi adalah terima saja apa yang sudah diatur oleh Allah SWT. Ini membuat kita siap mentaati aturan Allah dengan senang hati, bukan mempertanyakan aturan, lalu mencari atau membuat aturan yang bertentangan dengan aturan Allah.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya