Dunia Islam

Sutrisno Bachir: Jangan Benturkan Umat Islam dengan Pancasila

Jakarta, Kanigoro.com – “Jangan benturkan umat Islam dengan Pancasila, karena tidak ada pertentangan Islam dengan Pancasila. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa sudah jelas sama dengan konsep ketuhanan dalam ajaran Islam,” demikian Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional Sutrisno Bachir. Pernyataan tersebut disampaikan saat SB didaulat ikut memberikan taushiah dalam Ifthar Jama’i yang dilaksanakan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) di rumah dinas Menteri Agraria dan Tata Ruang sofyan djalil, Rabu (7/6) malam.

Terkait aksi-aksi yang dilakukan umat Islam dalam beberapa peristiwa terakhir ini, menurut SB, panggilan akrabnya, hanya menuntut hak, bukan hendak mengambil alih kekuasaan. “Kalau mau makar tentu aksi yang melibatkan jutaan orang tidak akan berlangsung damai,” ujarnya.

Pada dasarnya menurut SB, umat Islam melakukan amar makruf nahi munkar. Hanya menurutnya perlu ada SOP (Standard Operational Prosedure), tidak ngawur. “Agar kita tidak sampai ikut dengan agenda asing, yang mencoba masuk dari berbagai jalur,” katanya memperingatkan.

Sedikit menyinggung kerja lembaga yang dipimpinnya, Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), SB menjelaskan rencana pengembangan industri keuangan syariah. Menurutnya Jepang saja tertarik untuk mengembangkan industri keuangan syariah.

Ifthar Jama’i di rumah dinas Menteri ATR Sofyan Djalil merupakan kegiatan kelima kalinya yang dilaksanakan KBPII pada tahun 20017 di bawah kepemimpinan Nasrullah Larada. Sebelumnya berturut-turut telah dilaksanakan di Rumah KBPII (Rabu, 31/5), rumah Prof Ryaas Rasyid (Sabtu, 3/6), YAPI Sunan Giri, Rawamangun (Sabtu, 4/6) dan rumah dinas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (Selasa, 6/6). Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan di rumah Mayjen (Purn) Muhdi Pr, pada Jumat (9/6).

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait