Dunia Islam

Prof. Dr. Zainuddin Maliki: Indonesia Butuh Muslim Populis Yang Idealis dan Mandiri

Laporan: Sudono Syueb

Bangsa Indonesia sekarang ini memerlukan kelompok muslim populis yang kritis, idealis, mandiri, independen dan visioner, kata Prof. Zainuddin, ketua PW KBPII KAwa Timur dalam buka bersama, di rumah Noor Hamid Marzuki, Jum’at, (8/5 2018).

Zanuddin menyatakan, di luar negeri, kelompok muslim populis seperti ini sudah banyak bermunculan, seperti di Inggris, Amerika dll. Mereka mengkritisi kebijakan pemerintah yang kurang pro rakyat. Kelompok ini memiliki idealisme yang kuat sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh penguasa dan atau partai, karena mereka sudah mandiri secara ekonomi, sehingga tidak mudah “dibeli”.

Muslim populis ini, kata Zainuddin, hadir ke masyarakat untuk ikut memberikan solusi dalam berbagai problem masyarakat baik ekonomi, hukum, pendidikan dll.
Indonesia yang mengalami problem kebangsaan dan ekonomi ini, menurut Zainuddin, sangat memerlukan kehadiran Muslim Populis untuk ikut membantu pemerintah memberikan solusi menyelesaikan problem yang ada sekarang ini. PII sebagai organisasi pemuda dan pelajar punya potensi membentuk Muslim Populis karena sudah biasa bersikap independen dan kritis.

Sementara itu Prof. Sam Abede Pareno, guru besar Fikom Unitomo Surabaya, yang sejak SMP sudah aktif di PII mengatakan rasa sangat senangnya bertemu dengan teman teman KBPII Jatim.

Lebih lanjut Sam Abede katakan, ada yang terlupakan oleh masyarakat bahwa PII membentuk Brigade PII tahun 1948 untuk ikut berjuang menyelamatkan negara dari pemberontakan PKI di Madiun. Episode ini tidak pernah disebut dalam sejarah.

Sekarang PII, kata Prof Sam, sedang bangkit untuk yang kedua, tapi tantangannya berat sekali yaitu tantangan Pendidikan dan kebudayaan.

Dalam pendidikan, kata Sam Abede, PII harus ikut membantu meningkatkan kualitas dan karakter pelajar. Sedang dalam kebudayaan, PII harus ikut menyelamatkan kebudayaan Indonesia dari rongrongan narkoba dan seks bebas.

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait