Dunia Islam

Peringatan 72 Tahun PII Bangkit, Serukan Budaya Literasi Kritis

Kanigoro.com – Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Sumatera Utara periode 2017-2019 menggelar peringatan Hari Bangkit (HARBA) ke-72 PII di Aula Dinas Perpustakaan Daerah Sumatera Utara, Medan, Sabtu (4/5). Tema yang diangkat “PII Sebagai Wadah Transformasi Nilai-nilai Literasi dalam mewujudkan generasi berkeadaban di era revolusi industri 4.0″.

Leo Chandra dalam laporannya selaku Ketua Organizing Committee mengatakan bahwa kegiatan dihadiri oleh Pengurus Daerah PII se Sumatera Utara dan ratusan pelajar se Kota Medan.

Ketua Umum PW PII Sumatera Utara Annas Azhar dalam sambutannya menyampaikan bahwa menurut penelitian UNESCO tahun 2012, tingkat budaya baca masyarakat Indonesia berada pada 0,001 % dari seluruh dunia.

“Begitu juga riset IIQ menjelaskan bahwa masyarakat buta aksara Al-Quran dengan persentasrnya 65%. Hal ini menjadi masalah besar bagi PII, bagaimana PII mampu membangkitkan budaya literasi di lingkungan pelajar. Untuk itu PII berkomitmen untuk melakikan jihad literasi, yakni jihad dalam memerangi kebodohan,” tegasnya.

Dalam peringatan tersebut, KBPII sebagai wadah mantan aktivis PII, melalui Ketua PW KBPII Sumut Sarwoedi, menyatakan harapannya bahwa kader PII mendapatkan keuntungan yang tidak didapatkan dari manapun, yang berupa kesadaran religius sejak dini, memiliki kesadaran berjuang sejak dini dan memiliki kesadaran keilmuan sejak dini.

Peringatan Harba ke-72 PII diakhiri dengan pengarahan Guru Besar Unimed yang juga sesepuh PII Prof Usman Pelly Ph. D. Dalam pesannya kader PII diminta untuk menjadi orang yang paling pertama dalam hal apapun.

Usman Pelly juga berharap, peringatan Harba PII mampu membangkitkan semangat juang bagi pelajar untuk jihad literasi. (dud /mdn)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up