Bogor, Kanigoro.com – Pengurus Besar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) melalui bidang hukum yang diketuai Agus Sudjatmoko menginisiasi pendirian Lembaga Bantuan Hukum yang diberi nama LBH Catur Bakti.

Menurut Agus Sudjatmoko, pendirian LBH Catur Bakti (LBH CB) ini didorong atas kesadaran para alumni PII yang berprofesi advokat untuk membantu permasalahan hukum yang dihadapi alumni PII maupun kader PII. “Tetapi secara umum, LBH CB juga berkomitmen untuk membantu masalah hukum yang dialami masyarakat Indonesia yang tidak mampu secara ekonomi dan rentan terhadap keadilan di hadapan hukum”, ujarnya dalam sambutan pembukaan Rapat Koordinasi LBH CB di Cisarua, Bogor (13/4).

Hadir dalam Rakor ini Ketua Umum PB KB PII Nasrullah Larada sekaligus membuka secara resmi rangkaian acara Rakor dan mengukuhkan kepengurusan PP LBH CB periode 2016-2020.

Dalam sambutannya, Nasrullah menjelaskan bahwa kehadiran LBH CB ini sangat bermanfaat untuk menampung masalah alumni PII menyangkut hukum dan memberikan bantuan hukum. Ia menegaskan, walaupun LBH CB secara etika profesi advokat harus menerima kasus tanpa memandang suku, agama, ras, dan masalah hukum yang dihadapi klien, tetapi LBH CB ini tetap memiliki batasan dalam memberi bantuan hukum dengan merujuk pada nilai-nilai yang dianut di K-BPII.

“Intinya LBH CB harus mampu menjalankan peran membantu masyarakat sebagai bagian dari misi KB PII sebagai perekat umat dan kepedulian kepada masyarakat kecil”, pungkasnya.

(Laporan: Bung Helmy)

……

Facebook Comments