Dunia Islam

Masjid Tanpa Wifi, Masjid Lansia

Kanigoro.com – Masjid harus memenuhi kebutuhan jamaah, kalau ada masjid yang tidak punya wifi dipastikan itu milik lansia.

Hal ini disampaikan Muhammad Jazir, Takmir Masjid Jogokaryan, Yogyakarta di hadapan peserta pelatihan manajemen masjid dan mushola se Ujung Harapan, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi di Aula Masjid pondok pesantren Attaqwa, Sabtu (16/2).

Hadir dalam acara tersebut K.H. Moh. Amin Noer, MA, K.H. Moh Natsir, K.H. M. Ahbab Akhfasy, S.Ag, Ustadz H. Ahmad Masila, Lc, M.Pd, Ustadz Hamim Anshori, serta pengurus musholla dan masjid se Dewan Masjid Attaqwa, Ujung Harapan.

Muhammad Jazir yang biasa dipanggil Kang Jazir, mengatakan bahwa masjid harus mempunyai sumber dana yang luas, memiliki usaha dan ATM beras yang diperuntukan bagi fakir miskin.

Kang Jazir  mengungkapkan masjid juga harus mempunyai ruang penginapan dan fasilitas masyarakat, seperti air panas dan sarana wudhu yang lebih lengkap.

“Masjid harus memiliki aset dan dana yang banyak dikelola dengan transparan dan sesuai sasaran,” tegasnya.

Karena masjid menurut Kang Jazir, harus memenuhi kebutuhan umat secara maksimal, baik kebutuhan ibadah maupun sosial.

“Masjid itu tidak boleh kalah seperti supermarket yang sudah tutup sore-sore,” ungkapnya.

Untuk itu Kang Jazir menegaskan masjid harus bertanggung jawab atas kebutuhan jamaah.

Kang Jazir yang juga alumni Pelajar Islam Indonesia (PII) sempat melantunkan lagu lagu PII serta menjelaskan metodologi training PII kepada peserta pelatihan manajemen masjid dan mushola.

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait