Dunia IslamFeatured

Mari Memahami Al Qur’an

Dr. H. Nur Raihan, MA (Alumni Pasca Sarjana S3 PTIQ Jakarta, Ilmu al Qur’an dan Tafsir)

Setiap muslim berkewajiban untuk mengenal membaca dan menghayati serta mengamalkan makna yang terkandung dalam Al-Quran. memahami dan menghayati arti dari kandungan Al-Qur’an tersebut dinamakan “Tadabbur”.

Allah SWT berfirman “…apakah mereka tidak memperhatikan al-Quran atau kah hati hati mereka telah terkunci…” (Q.S. 47:24). Rasulullah SAW bersabda : “Sebaik-baik orang diantara kamu adalah yang mempelajari Alqur’an dan mengajarkannya kepada orang lain” (HR. Bukhori).

Tingkatan Tadabbur

Dalam melaksanakan tadabbur Al-Qur’an, ada beberapa tingkatan, antara lain :

  1. Tadabbur makna bahasa (literal). Dengan memahami arti setiap kata dan kalimat.
  2. Tadabbur makna tafsir (interpretasi) terhadap suatu ayat.
  3. Tadabbur arti Al-Qur’an dengan menghubungkan dan menganalisa makna ayat Al-Qur’an dengan kehidupan manusia serta masyarakat dan menjadikan prinsip prinsip Al-Quran sebagai terapi atas segala bentuk problematika kehidupan.
  4. Tadabbur dengan menghayati segala makna yang terkandung dalam Al-Qur’an dengan mengamalkannya dalam seluruh aspek kehidupan. Dengan demikian setiap orang yang beriman mampu menjadikan “Al-Qur’an yang berjalan” sebagaimana jawaban Aisyah ketika ditanya bagaimana Akhlak Rasulullah SAW? Aisyah r.a menjawab “Akhlak Rasulullah adalah Al-Qur’an”.

Langkah-Langkah Tadabbur Al-Qur’an

Ada langkah-langkah yang dilakukan dalam Tadabbur Al-Qur’an sebagai berikut:

  1. Pelajari bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an
  2. Bacalah, pahami dan pelajari Al-Qur’an secara perlahan lahan mulai dari awal (surat al Fatihah) sampai akhir (surat An-Nas) dengan memahami artinya secara literal ayat per ayat dan kalimat per kalimat.
  3. Bacalah dan pelajarilah kembali Al-Qur’an dengan bantuan buku-buku tafsir yang singkat dan jelas, kemudian buatlah beberapa catatan catatan penting sesuai dengan tingkatan pemahaman mu.
  4. Pelajarilah kembali Al-Qur’an secara sistematik dengan mencari ayat ayat yang berkenaan dengan suatu persoalan atau pertanyaan yang berkembang dan jawaban Al-Qur’an atas masalah tersebut atau dapat juga mempelajari Al-Qur’an atas dasar juz per juz dan surat per surat dalam Al-Qur’an.
  5. Bacalah kembali dan pelajari berulang-ulang secara menyeluruh demi mendapatkan nilai nilai kebenaran dan petunjuk Ilahi dengan mencoba melakukan studi analisis terhadap ayat ayat Al-Qur’an dan kolerasinya terhadap upaya mencari solusi atas problematika kehidupan sehari-hari.
  6. Petinggi rasa ingin tahu terhadap makna yang terkandung dalam ayat Al-Qur’an. Pada saat membaca dan mempelajari Al-Qur’an, ajukanlah pertanyaan-pertanyaan semisal : Apakah maksud dan arti literal dari suatu kata kalimat dan ayat?, Bagaimana sejarah turunnya ayat tersebut dan dalam kondisi apa?, Bagaimana hubungan satu ayat dengan ayat sebelum dan sesudahnya?, Apakah yang dimaksud oleh ayat tersebut?, Pesan apakah yang terkandung dalam suatu ayat yang harus dilaksanakan dalam kehidupan?, Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang diharapkan kita lebih mendalami arti dan kandungan Al-Qur’an.
  7. Lengkapilah telaahmu dengan beberapa buku panduan (referensi) seperti terjemahan Al-Quran, kitab-kitab, Tafsir kamus bahasa arab, buku klasifikasi ayat-ayat Al-Qur’an.

Semoga dengan kita mampu mempelajari, memahami, dan menghayati Al-Qur’an lebih baik. Kita akan menjadi insan-insan kamil yang berbahagia di dunia dan akhirat.

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: