Dunia Islam

Magister Ini Saya Dedikasikan Untuk Kader PII Serta Bangsa Indonesia

Depok, Kanigoro.com – Universitas Indonesia (UI) berhasil melaksanakan wisuda Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor yang digelar di Gedung Balairung Kampus UI Depok (4/2).

Wisuda yang diikuti empat ribu lebih mahasiswa ini menyimpan kisah tersendiri bagi salah satu wisudawan bernama Helmi Al Djufri yang pernah aktif pada Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PII) Periode 2012-2015.

Dirinya menuturkan kisah awal masuknya pada Program Pascasarjana Prodi Kajian Ketahanan Nasional Peminatan Kajian Stratejik Pengembangan Kepmimpinan UI bahwa ia berhasil lolos sebagai mahasiswa UI penerima beasiswa dari Kemenpora RI berkat kerja keras, belajar sungguh-sungguh, doa & rekomendasi dari PB PII.

“Kemenpora kan setiap tahun punya program beasiswa bagi pemuda berprestasi untuk bisa kuliah di pascasarjana UI. Beasiswa ini diinformasikan kepada seluruh pimpinan pusat Ormas Kepemudaan yang terdaftar di Kemenpora salah satunya PII, waktu itu saya sudah berniat dan berusaha masuk UI, berkat kerja keras, belajar, doa & rekomendasi dari PB PII akhirnya saya bisa lolos”.

[nextpage title=”Helmi yang juga”] Helmi yang juga pernah menjabat sebagai Sekum PW PII Jawa Barat Periode 2009-2012 ini mengisahkan bahwa wisudanya pada hari ini didedikasikan untuk PII khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

“Sejak awal saya kuliah di Pascasarjana UI, saya tinggal di asrama PII Menteng Raya 58 selama 1 semester, lalu selesai periode di PB PII, saya fokus pada dunia hukum, tapi dari awal kuliah saya sudah niatkan harus membalas penggemblengan kaderisasi PII terhadap diri saya berupa kontribusi pemikiran, yaitu dengan cara saya meneliti sistem kaderisasi PII sebagai judul tesis saya, dan tesis saya berhasil mendapat -A. Alhamdulillah hari ini saya berhasil wisuda, tentunya gelar Magister ini saya dedikasikan untuk seluruh kader PII, dan untuk bangsa Indonesia umumnya, bukan untuk saya pribadi”.

Menurut Helmi yang menyelesaikan Magisternya tepat dalam waktu 2 tahun kesan lainnya selama kuliah di pascasarjana UI kelas Kepemimpinan adalah bahwa teman sekelasnya terdiri dari Ketua Umum dan pimpinan pada Ormas Kepemudaan lainnya.

“Ya memang angkatan saya ini sangat unik, mayoritas adalah pengurus pusat & cabang pada Ormas Kepemudaan, seperti PP IPM, PP IPNU, IPPNU, PB HMI, KAMMI, PB PMII, PP GMKI, PP PMKRI, PP HIKMABUDHIS, BM PAN. Kami sering konsolidasi di kelas sebelum konsolidasi di markas-markas kami”.

Upacara wisuda ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Rektor Universitas Indonesia. (AHD)*

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up