Dunia Islam

LBH Catur Bhakti Dorong Masyarakat Ajukan Uji Materil di MK untuk Kawal Negara

Kanigoro.comLBH Catur Bhakti selenggarakan Pelatihan Hukum Teknik Beracara di Mahkamah Konstitusi RI di Rumah KB PII, Jalan Cibitung III Jakarta Selatan, Sabtu (10/3). Kegiatan bertujuan untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat dan meningkatkan wawasan stake holder LBH Catur Bhakti.

Dalam pelatihan hukum tersebut terdapat dua materi, yaitu teknik beracara di Mahkamah Konstitusi dalam pengajuan uji materil yang diisi oleh Feizal Syahmenan yang juga Ketua Tim Hukum untuk Indonesia Beradab. Materi kedua Hukum Acara Sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi yang diisi oleh Heru Widodo,  praktisi hukum yang juga dosen program pascasarjana dan doktor pada Universitas Islam Asyafi’iyah. Peserta terdiri dari advokat, mahasiswa hukum dan aktivis PII yang berjumlah total lima puluh peserta.

Feizal dalam pemaparannya menyatakan bahwa untuk menjaga negara dari intervensi ideologi sekuler, liberal dan berpotensi merugikan masyarakat luas dalam suatu Undang-Undang (UU), maka masyarakat harus kritis menyikapi UU yang dinilai bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945 dengan cara mengajukan uji materil atas UU tersebut. “Yang diuji materil bisa 1 BAB, 1 pasal, 1 kalimat, 1 frasa atau 1 kata, jika isinya tidak sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila, masyarakat yang dirugikan secara langsung atau tidak langsung dapat mengajukan permohonan uji materil ke MK, itu adalah langkah strategis yang berdampak sangat luas” tegas Feizal.

Pelatihan Hukum LBH Catur Bhakti
Feizal Syahmenan (Ketua Tim Hukum untuk Indonesia Beradab) saat memberikan materi Pelatihan Hukum, LBH Catur Bhakti, Sabtu (10/3)/ Foto Susilo

Direktur LBH Catur Bhakti Agus Sudjatmoko menyampaikan bahwa Pelatihan Hukum ini diselenggarakan secara berkelanjutan, dengan jenis pelatihan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan anggota LBH Catur Bhakti, KB PII dan Aktivis PII. Setiap pelatihan hukum yang diselenggarakan LBH Catur Bhakti memiliki misi untuk membantu dan membela masyarakat lemah yang mencari keadilan.

Masalah uji Materi di MK menjadi tema pertama karena menjelang Pilkada dan tahun politik 2018, banyak sekali potensi konflik antar calon peserta pilkada yang akan mengajukan masalah ke Mahkamah Konstitusi. Oleh karena itu diharapkan masyarakat memahami tata cara beracara di mahkamah konstitusi. Ke depan, menurut Sudjatmoko, LBH Catur Bhakti akan menyelenggarakan pelatihan hukum bidang pidana, perdata dan perkembangan hukum lainnya. (Helmy).

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait