Dunia Islam

Korwil PII Wati Yogyakarta Besar: Bangkit Dan Bergerak

Oleh: Dr. Sarjilah (Mantan Ketua Korwil PII Wati Yogyakarta Besar Periode 1988~1990 & Kepala LPMP DIY)

Berita tentang dibubarkan Korps PII Wati, Yogyakarta Besar pada tahun 1998, merupakan tamparan yang keras bagi Keluarga Besar/alumni PII Wati Yogyakarta.

Pemaknaan organisasi wanita hanya sebatas aktivitas administrasi dan dinamika keorganisasian biasa, tanpa melihat pada kekhususan yang dimiliki oleh kaum putri yang harus mendapat penanganan yang khusus pula.

Pemahaman yang parsial tanpa adanya dialog dengan para KB PII Wati mengakibatkan matinya aktivitas Korps PII Wati Yogyakarta Besar, meskipun beberapa daerah masih ada yang aktif seperti Korda PII Wati Yogyakarta.

Kesadaran untuk melanjutkan amanah perjuangan melalui PII Wati, menjadi dorongan KB PII Wati melakukan konsolidasi di tingkat KB untuk merumuskan format pembinaan kepada adik-adik PII Wati di sruktur, loby dan diskusi dengan Korpus Dewi Susilowati agar ada gerakan memunculkan kembali PII Wati.

Akhirnya, dengan dialog yang intensif antara KB PII Wati dari berbagai generasi Yu Iin, Yu Yatim, Yu Trias, Yu Endang, Yu Sarjilah, Yu Heni, Yu Nurhaidah, Yu Amanah, Yu Eko, Yu Dwi, Yu Ririn,, Yu Nurul, Yu Amik, Yu Asma, Yu Tutik, Yu Ema, Yu Endang, Yu Wari, Yu Usna, Yu Ulya dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebut satu satu, seraya adik adik PII yang perempuan, mampu menghidupkan syaraf gerakan untuk bangkit.

Momentum Harlah ke 54, menjadi titik bangkit kembali Korps PII Wati Yogyakarta Besar untuk menunjukkan kiprahnya dalam perjuangannya untuk perempuan Indonesia yang sadar akan nilai nilai keislaman dalam hidup berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara.

Kebangkitan Korps PII Wati saatnya dilanjutkan dengan gerakan melalui pemahaman visi dan misi PII Wati menanamkan nilai nilai Islam dalam kehidupan sehari hari, yang kemudian diwujudkan dalam gerakan mengacu kepada bidang tugas melalui Departemen kemuslimahan dan Departemen Tunas.

Ayo PII Wati Yogyakarta Besar…
Tunas tunas Putri Islam ….
Bangkit dan Bergerak…(Sudono Syueb/ed)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait