Dunia Islam

Kiprah Tim Regana KB PII Bantu Atasi Korban Banjir Jakarta

Kanigoro.com – Tim Relawan Tanggap Bencana Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (REGANA KB-PII) dan Koordinator Pusat Brigade Gerakan Pemuda Islam Indonesia (Korpus Brigade GPII) bahu membahu membantu korban banjir di Bidaracina, Jakarta Timur.

Musim Hujan di Jabodetabek minggu lalu yang intensitas curah hujan begitu tinggi sehingga Ketinggian Air Muka (TMA) di pintu air sungai meluap hingga 240 Cm di Pintu Air Katulampa Bogor dengan status Siaga 1. Kondisi ini dikhawatirkan akan menimbulkan banjir di wilayah aliran sungai Ciliwung antara lain kawasan Depok, Lenteng Agung, Kalibata dan Jatinegara. Luapan air Sungai Ciliwung meluap mengakibatkan banjir bagi warga sekitarnya.

Regana KB PII Evakuasi warga bidaracina
Tim Regana KB PII membantu warga keluar dari lokasi banjir di bidaracina

Untuk membantu korban banjir di kawasan tersebut, Tim Regana KB PII dan Korpus Brigade GPII merespon cepat dengan mengirim relawan ke rumah warga di sekitar bantaran sungai Ciliwung, khususnya di Kelurahan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur.

Tim relawan mengajak warga untuk mengantisipasi bencana banjir, mengungsi ke tempat-tempat yang aman dari banjir antara lain ke Posko Pengungsi di GOR Otista dan di Kantor Kelurahan Bidaracina. Akan tetapi banyak warga yang tetap “keukeh” bertahan di rumah masing-masing. Apalagi warga yang rumahnya memiliki lantai 2, sehingga relawan Regana dan Brigade GPII akhirnya mengevakuasi warga ke pengungsian karena ketinggian air mencapai kurang lebih 5 hingga 7 meter. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan semua warga bisa diselamatkan.

Kegiatan Pasca Banjir Surut
Pada Hari Kamis, 8 Februari 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibawah komando SATKORLAK BPBD DKI Jakarta mengumumkan status Tanggap Bencana dicabut, ketika air banjir sudah surut di pemukiman warga. Tetapi Relawan dari REGANA KB-PII dan Korpus Brigade GPII masih tetap bertahan di Posko Banjir di pinggiran Bantaran Sungai Ciliwung yang berdiri di sebuah Bangunan milik H Hasbullah, sesepuh dan ulama setempat, pimpinan Majelis Taklim Hasbillah di RT 012/RW 07 Tanjung Lengkong, Bidaracina.

kegiatan sosial di posko Regana KB PII pasca banjir
Kegiatan pasca banjir di posko Regana KB PII

H Hasbullah adalah mantan Aktivis GPII di tahun 70an sehingga memberikan respon baik kepada kawan-kawan Relawan agar bisa membantu kegiatan pasca banjir.

Kegiatan relawan pasca banjir adalah membersihkan lingkungan warga, tempat ibadah, Masjid, Musholla di pemukiman. Disamping itu relawan juga membantu penyelenggaraan pengobatan massal serta membimbing warga sekitar yang beragama Islam dengan Pengajian Taklim Remaja Islam dan anak-anak untuk mengantisipasi kegiatan pemurtadan yang sebelumnya sering terjadi di kala banjir besar terjadi.

regana kb pii bersihkan mushola bidaracina
Tim relawan Regana KB PII membersihkan fasilitas Musholla

Hingga hari Sabtu, 10 Februari 2018, Tim Regana KB PII dan Brigade GPII telah mengadakan Kerja Bakti bersama dengan para pemangku kepentingan, Aparatur pemerintah seperti Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Walikota Jakarta Timur, Camat Jatinegara, Lurah Bidaracina serta para pengurus RT se RW 07 di ;ingkungan warga korban banjir.

Alhamdulillah para pemangku kepentingan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada kiprah relawan Regana KB PII dan Korpus Brigade GPII. Apalagi relawan Regana KB PII memang selalu hair di kawasan Bidaracina bila terjadi bencana banjir untuk membantu masyarakat dan upaya penanggulangan bencana di wilayah ini.

Laporan Tim Regana KB PII
Syaiful Aman

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya