Dunia Islam

KBPII Sulawesi Utara Sukses Menyelenggarakan Muswil

Kanigoro – Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Sulawesi Utara sukses menyelenggarakan Musyarawah Wilayah ke II (Muswil) yang berlangsung di Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Utara (Sulut), Kota Manado, Jumat (8/2/2019).

Muswil berlangsung dengan lancar, dihadiri Sekretaris Jenderal Pengurus Besar KB PII Ir. Asep Efendi dan anggota KBPII Sulawesi Utara.

Sebagaimana pantauan Kanigoro, terdapat 6 calon yang diusung oleh peserta Muswil untuk menjadi Ketua Umum KB PII Sulawesi Utara, keenam calon tersebut Djafar Al-Katiri, Abdul Malik Suma, Syarif Wakid (inkumbent), Mardiyah Baginda, dan DR. Latif dan Abdul Muthalib Antai.

Sekjen KB PII Asep Effendi dan formatur Muswil KB PII Sulawesi Utara (foto Malik/Syahril)

Pemilihan Ketua Umum dilakukan secara Musyawarah oleh keenam calon yang berlangsung selama setengah jam. Hasil dari musyawarah tersebut memilih Djafar Alkatiri sebagai Ketua Umum menggantikan Syarif Wakid.

Abdul Malik Suma, salah satu kandidat calon Ketua Umum yang juga mewakili KB PII generasi tahun 2000-an mengungkapkan alasannya memilih Djafar Alkatiri sebagai Ketua Umum yang baru, “Ada 3 alasan dari KB PII muda memilih Bang Djafar sebagai ketua umum, yang pertama agar terjadi regenerasi kepemimpinan KB PII di Sulawesi Utara, yang kedua Bang Djafar dinilai mampu menjadi problem solver atas kevakuman aktifitas yang terjadi pada organisasi KB PII di Sulawesi Utara, dan yang terakhir Bang Djafar punya kapasitas dan kapabilitas”, ungkapnya.

Abdul Malik Suma juga menjelaskan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki Djafar Alkatiri yakni pernah menjabat sebagai Ketua DPW PPP Sulawesi Utara, Ketua BKPRMI Sulawesi Utara, Sekretaris Jenderal DPP BKPRMI, dan sekarang mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI untuk Sulawesi Utara.

Sementara itu, dalam sambutannya, Djafar mengungkapkan bahwa KB PII Sulut harus senantiasa mengedepankan silaturahim dan persaudaraan.

“KBPII adalah wadah silaturahmi antar sesama alumni PII dan media perjuangan untuk mewujudkan cita-cita PII,”  tandasnya. (Maulana)

Tags
Selanjutnya