Dunia Islam

Ini Cara Oki Setiana Dewi Didik Anak Agar Mau Hafal Al Quran

Oki Setiana Dewi sangat fokus terhadap pendidikan agama, khususnya pada anak-anak usia dini. Oki yang merupakan Master Pendidikan Anak Usia Dini dan kandidat Doktor jurusan pendidikan berbasis Al Quran itu pun menerapkan semua ilmu keagamaan yang ia dapat kepada kedua buah hatinya, Maryam dan Khadeejah.

“Pendidikan agama sejak dini terhadap anak sangat penting. Itu sebabnya apa yang Oki pelajari selama ini, Oki terapkan pada anak-anak,” katanya sebagaimana dilansir Arah.com di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Pusat, Selasa (31/1).

Tidak heran jika Oki selalu menyediakan berbagai alat edukasi di rumah untuk kedua putrinya. Termasuk sebuah metode pembelajaran Al Quran yang baru-baru ini ia ciptakan dengan berbagai macam modul serta dua buah alat ketuk.

“Itu sebabnya seluruh mainan yang ada di rumah adalah alat edukasi termasuk metode Neuro Nabi ini kan termasuk mainan. Selain itu bonekanya pake kerudung semua, lagu-lagu tentang nabi-nabi,” paparnya.

Lebih lanjut, metode pembelajaran Al Quran ini memang sengaja ia ciptakan secara khusus untuk mengajarkan kedua putrinya dan orang lain secara umum.

“Oki nggak mau anak-anak mengulangi kesalahan seperti Oki. Karena Oki baru belajar Al Quran usia empat tahun. Maka itu Maryam belajar Al Quran dari kandungan, dengan metode ini,” katanya.

“Dan, itu yang membuat Maryam, mudah-mudahan ya, Maryam dan Khadeejah jadi penghafal Al Quran,” harapnya lebih lanjut.

Oki pun kini boleh berbangga lantaran Maryam yang masih berusia dua tahun itu sudah mampu menghafal huruf-buruf hijaiyah dengan metode pembelajaran yang ia ciptakan.

“Maryam sudah masuk sekolah Al Quran, karena bicaranya sudah banyak. Dia ikuti metode ini, dan dia sudah hafal huruf hijaiyah dan sudah mengenal dalam mengetuk-mengetuk huruf hijaiyah dan sekarang sedang belajar panjang pendeknya dengan metode ketuk ini,” tegasnya. (CL)

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up