Dunia Islam

Cara Pekerja Migran Indonesia Menyambut Ramadhan di Hongkong. Mau Tahu?

Kanigoro.com – Kemeriahan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan tidak hanya dilakukan umat Islam Indonesia di tanah air, tapi juga mereka yang bekerja di luar negeri, tak terkecuali di Hongkong. Seperti digambarkan dalam video yang diunggah akun facebook KJRI Hongkong, Rabu, 8 Mei 2018 pukul 15.32. Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Hongkong tampak antusias mengadakan Ramadhan Parade (Pawai Ramadhan), pada hari Ahad, 6 Mei 2018. Dalam pawai tersebut juga hadir Konsul Jenderal RI di Hongkong Tri Tharyat.

Menurut Konsul Muda Bidang Pendidikan Sosial dan Budaya (Pensosbud) KJRI Hongkong, Vania A. Lijaya, Pawai Ramadhan tersebut antara lain dimaksudkan untuk mengenalkan bulan Ramadhan kepada warga Hongkong. Sementara itu, GM Dompet Dhuafa Hongkong, Muhammad Ilham, menjelaskan bahwa Pawai Ramadhan tahun ini mengangkat tema “Syiar Islam dan Bersatunya Ruh Menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun Ini”.

Dalam sambutannya, Konjen Tri Tharyat mengucapkan terima kasih kepada pihak Otoritas Hongkong yang telah mengijinkan pawai tersebut.

“Saya minta semua berjalan dengan tertib sebagai sebuah tradisi positif di Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan, yang kita coba bawa ke Hongkong. Selamat berpawai, mudah-mudahan kita nanti juga bisa menjalani bulan Ramadhan ini dengan baik dan lancar,” harap Konjen Tri Tharyat.

Usai memberikan sambutan, Konjen Tri Tharyat bersama Muhammad Ilham melepas keberangkatan peserta pawai. Berbagai komunitas masyarakat Indonesia di Hongkong tempat berhimpunnya para PMI, mengikuti pawai tersebut. Selain berparade dengan berbagai kostum, mereka juga menampilkan kesenian yang bernafas Islam.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya