Dunia Islam

Batra PII, Dari Dibubarkan Polisi Sampai Ditinjau Mendikbud

Kanigoro.com – Saat musim liburan tiba, seperti biasa Pelajar Islam Indonesia (PII) akan mengadakan kegiatan pengkaderan yang mereka sebut Leadership Basic Training atau lebih populer disebut Batra. Adakalanya juga diikuti dengan jenjang pengkaderan yang lebih tinggi Leadership Intermediate Training (Intra) dan Leadership Advance Training (Advance) atau pengkaderan di badan otonom seperti Latihan Brigade Tingkat Dasar (LBTD).

Berbeda daerah ternyata tak sama dalam menyikapi kegiatan organisasi pelajar yang didirikan almarhum Yoesdi Ghozali dkk di Yogyakarta pada 4 Mei 1947 ini. Batra PII yang dijadwalkan akan dilaksanakan PW PII Yogyakarta Besar pada 24 s.d 31 Desember 2017 di SMA Negeri 1 Pakis, Magelang, dibubarkan Polsek Pakis karena dicurigai sebagai kegiatan radikalisme, karena tidak berafiliasi ke NU atau Muhammadiyah.

Menurut informasi panitia, sebelumnya sudah menyampaikan surat izin/pemberitahuan kepada kepolisian, akan tetapi tidak mendapatkan tanggapan. Padahal penyelenggaraan Batra tentu saja tidak bisa ditunda karena pelaksanaannya memang untuk memanfaatkan liburan sekolah. Karena dibubarkan polisi pada Selasa (26/12) malam, akhirnya penyelenggaraan Batra dipindahkan dari SMA Negeri 1 Pakis ke tempat lain.

Lain di Magelang, lain pula di Pontianak. Kegiatan Batra yang diselenggarakan PW PII Kalimantan Barat di SMA Negeri 1 Pontianak pada 25 Desember 2017 s.d 1 Januari 2018 berjalan lancar. Bahkan pada Kamis (28/12) lalu ditinjau oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, yang juga seorang Keluarga Besar PII (alumni PII – red). Menurut Mendikbud kegiatan Batra PII bisa menjadi sarana pembentukan karakter bagi pelajar ini.

Puluhan KB PII menyambut kehadiran Mendikbud di SMA N 1 Pontianak. Ketua PW KB PII Kalimantan Barat yang juga Wakil Rektor I Universitas Tanjungpura, Aswandi ikut menyambut bersama Ketua PC KB PII Kota Pontianak, Untung Sury dan Ketua Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Kalimantan Barat, Pabali Musa.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait