Dunia Islam

Baru Setahun Dibentuk, PD PII Karanganyar Jadi Tuan Rumah Forkomanda

Kanigoro.com – Kami bangga dengan PD PII Karanganyar, meski baru satu tahun dibentuk bisa melaksanakan kegiatan se zona tengah dan selatan PW PII Jawa Tengah,” ujar Hanang Sutrisno mewakili Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII).

Sebagai orang yang pernah aktif di PII, Hanang mengapresiasi kegiatan Forum Komunikasi Antar Daerah (Forkomanda) zone tengah dan selatan yang diselenggarakan pada Sabtu-Ahad, 7-8 September 2019, di RA Al Amin, Kompleks Musholla Al Amin, Kelurahan Bejen, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan diikuti 21 orang utusan dari lima PD PII, yakni Kabupaten Sragen, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Semarang dan Kabupaten Karanganyar selaku tuan rumah. Menurut Hanang para pengurus PD PII penting untuk saling bersilaturahim dengan rekan-rekan seperjuangan di PII, terutama dari daerah terdekat.

Ketua Umum PW PII Jawa Tengah Rizka Noor Miftakhul Ulum pada saat pembukaan mengingatkan pentingnya Forkomanda untuk mempererat ukhuwah aktivis PII. “Dimulai dari PD-PD PII dalam satu zona, agar untuk lingkup wilayah Jawa Tengah bisa lebih mudah,” ujarnya.

Dalam pembinaan PD-PD PII, PW PII Jawa Tengah membaginya ke dalam empat zona, yakni zona barat (eks Karesidenan Pekalongan), zona tengah (eks Karesidenan Semarang), zona timur eks (Karesidenan Pati) dan zona selatan (eks Karesidenan Solo). Sementara daerah-daerah lain yang berada di wilayah eks Karesidenan Banyumas dan eks Karesidenan Kedu menjadi bagian dari PW PII Yogyakarta Besar.

Forkomanda merupakan sarana memfasilitasi PD PII dalam satu zona untuk bertukar informasi tentang kondisi PII di daerah masing-masing. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembinaan administrasi melalui kegiatan bedah administrasi yang dipandu Faiza Nur Arofah, Sekretaris Korwil Korps PII Jawa Tengah.

Salah seorang peserta Forkomanda, Ketua Umum PD PII Semarang Agus Ari Wibowo, merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan tersebut. “Ada banyak masukan yang didapatkan, mudah-mudah nanti bisa dilaksanakan di daerah masing-masing,” harapnya.

Di akhir acara, peserta menyepakati pada kegiatan Forkomanda berikutnya, PD PII Kota Surakarta akan bertindak selaku tuan rumah.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up