Dunia Islam

Ahmad Yani: Menuju Dakwah yang Mencerahkan

Jakarta, Kanigoro.com – Islam merupakan agama yang memiliki ajaran yang sempurna. Berbagai sisi kehidupan ada nilai dan aturannya dalam Islam. Sehingga, umat Islam seharusnya menjadi umat yang paling tercerahkan dalam kehidupan ini.

Akan tetapi, banyak di antara umat Islam sendiri, belum tahu keseluruhan atau bahkan sebagian saja dari nilai dan ajaran Islam. Idealnya, kaum muslimin senantiasa mau berusaha untuk mencari tahu dan mempelajarinya. Selain itu juga, dibutuhkan adanya dakwah dan pencerahan dari para dai atau ulama untuk membantu kaum muslimin mendapatkan pengetahuan tentang nilai keislaman tersebut.

Hadirnya buku berjudul 40 Artikel Dakwah & Pencerahan ini dirasakan tepat dengan kondisi umat saat ini. Setidaknya, bisa membantu para dai menambah referensi materi dalam menyampaikan dakwahnya. Buku ini berisi materi-materi penting seputar materi dakwah, keluarga, dan kemasyarakatan yang bisa disampaikan sebagai bahan kajian dakwah maupun untuk dibaca oleh kaum muslimin.

Buku ini ditulis oleh Wakil Ketua Umum Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII)  Drs. H. Ahmad Yani, yang sudah memiliki pengalaman dakwah yang sangat banyak. Keseharian beliau memang sebagai aktivis dakwah yang memberikan training dan pelatihan para dai dan pengurus masjid hingga ke daerah terpencil di pelosok negeri, bahkan pernah melakukan dakwah ke Eropa, Jepang dan Australia.

Ahmad Yani sudah menulis 38 judul buku seputar dakwah. Buku 40 Artikel Dakwah & Pencerahan ini merupakan buku terbarunya yang merupakan kumpulan dari beberapa materi kajian, ceramah, dan artikel di berbagai media.

Di antara tema yang diangkat adalah mengenai seorang muslim yang memiliki doa dan harapan namun tidak selaras dengan tingkah lakunya. Penulis mengistilahkan dengan ungkapan “mengkhianati doa sendiri”. Digambarkan bagaimana seseorang yang meminta rizki tapi tidak mau usaha, minta ilmu tapi tidak mau belajar, minta petunjuk tapi tidak belajar agama, minta sehat tapi melakukan hal yang mengundang penyakit, minta anak shaleh tapi tidak mau mendidik, minta selamat tapi tidak hati-hati, dan lain sebagainya yang patut kita renungi.

Selain tema tersebut, tema-tema lainnya yang dituangkan dalam buku ini juga menarik dan penting untuk dijadikan materi dakwah oleh para dai dan pengetahuan untuk kaum muslimin pada umumnya.

Judul Buku : 40 Artikel Dakwah & Pencarahan

Penulis : Drs. H. Ahmad Yani

Penerbit : Khairu Ummah

Volume : xiv+398 halaman

Cetakan ke- : Pertama, April 2017

(th/nuansaislam)*

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: