Dunia Islam

71 Tahun Sudah Brigade PII Menapaki Sejarah

Kanigoro.com – Salah satu badan otonom (BO) yang dimiliki Pelajar Islam Indonesia (PII), yakni Brigade Pelajar Islam Indonesia (Brigade PII) memperingati kelahirannya yang ke-71, Selasa (6/11) kemarin.

Sebagai sebuah momentum untuk refleksi dalam memperingati Harla ke-71 Brigade PII, Komandan Koordinator Pusat (Korpus) Brigade PII Sureza Sulaiman mengingatkan para kader Brigade PII se tanah air.

“Brigade PII yang lahir pada 6 November 1947, merupakan badan otonom PII yang telah banyak memberikan kontribusi, bagi PII pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya,” jelas Suareza.

Dikatakanny bahwa dalam sejarah kiprahnya, Brigade PI pernah terlibat langsung dalam mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia dari masa ke masa. Baik pada saat agresi militer Belanda maupun melawan pemborantakn yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). 

“Peristiwa Kanigoro di Kediri, merupakan peristiwa bersejarah yang akan selalu dikenang para kader Brigade PII dan kader PII, saat menghadapi intimidasi dari PKI,” tambahnya.

Berpijak dari perjalanan sejarah Brigade PII dan PII pada umumnya, Suareza mengingatkan peran kekinian Brigade PII sebagai kader inti PII. Ditekankan perlunya untuk tetap konsekuen dan istiqamah mengawal setiap gerak dan langkah PII, melanjutkan kiprah Yoesdi Ghozali dan kawan-kawan yang telah mendirikan PII pada 4 Mei 1947 yang menjadi bagian dari mata rantai perjuangan umat Islam Indonesia sampai sekarang.

Ke depan, menurut Suareza Brigade PII perlu terus menajamkan visi-misinya. Antara lain denga. melakukan inovasi gerakan kaderisasi dan gerakan sosial kemanusiaan.

“Untuk ini Brigade PII menggulirkan berbagai pelatihan dan program untuk penanganan bencana, pemberantasan narkoba, penanggulangan terorisme, serta peningkatan skill dan kemampuan anggota,” papar Suareza.

Terkait peringatan Harla ke-71 Brigade PII, Suareza menyampaikan terima kasih kepada segenap keluarga besar (alumni PII). “Khususnya Bapak Muhajir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memberikan dukungan penuh kegiatan kami,” pungkas Suarez.

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait