Berita

Trump Mulai Rencana Pemblokiran Warga Muslim Masuk ke AS

Presiden Donald Trump dilaporkan segera melakukan penangguhan program pengungsian AS selama empat bulan dan akan menghentikan visa masuk bagi warga tujuh negara Islam.

Semua permohonan visa dari negara-negara yang dianggap sebagai ancaman teroris seperti Irak, Suriah, Iran, Sudan, Libya, Somalia dan Yaman  akan dihentikan selama 30 hari.

Menurut rancangan perintah eksekutif yang dipublikasikan di media AS, termasuk Washington Post, para pengungsi dari Suriah akan dilarang dalam jangka waktu tak terbatas.

Sementara itu, Pentagon akan diperintahkan untuk memanfaatkan waktu selama 90 hari untuk menyusun rencana pembentukan “zona aman” di dalam atau di dekat Suriah, tempat para pengungsi bisa berlindung dari perang saudara yang terjadi di sana.

Belum jelas apakah rancangan yang dipublikasikan itu merupakan versi akhir atau kapan Trump akan secara resmi menandatanganinya, tetapi rancangan itu akan melengkapi janji-janji kampanyenya.

“Lihatlah, presiden berbicara panjang lebar tentang beberapa langkah ekstrem,” ujar juru bicara Gedung Putih Sean Spicer kepada wartawan, menjanjikan “aksi lebih lanjut pekan ini,” demikian seperti dilansir dari AFP dan Antara.

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up