BeritaFeatured

Tagar #AmplopLuhutAdaMaunya Jadi Trending Topic

Kanigoro.com – Momen saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memberikan amplop ke kiai di Pondok Pesantren Nurul Cholil, Bangkalan, Madura, Jawa Timur menjadi perbincangan warganet di Twitter. Sehari setelah videonya viral, muncul tagar #AmplopLuhutAdaMaunya menjadi trending topic di media sosial.

Aksi pemberian amplop dilakukan agar kyai di pondok itu mau mengajak umat mengenakan baju putih keTempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang.

Video pemberian amplop oleh Luhut kepada kiai di pondok pesantren ini pertama kali diunggah oleh politisi Partai Demokrat Andi Arief. Dalam video berdurasi 1 menit 24 detik itu tampak Luhut berbisik kepada sang kyai lalu menyerahkan amplop.

“Tolong sampaikan pada tanggal 17, tolong disampaikan ke semua umat, santri pergi ke TPS pakai baju putih,” kata Luhut, Rabu (3/04).

Video percakapan Luhut dengan kyai hingga memberikan amplop kepada kyai itu ramai diperbincangkan warganet. Banyak warganet mengaku geram dengan sikap Luhut yang hendak menyuap para kyai.

Bahkan, pemberian amplop menjelang Pilpres berlangsung pun dianggap menjadi salah satu politik uang. Tak sedikit warganet kecewa dengan sikap Luhut. Ia menjadi pendukung capres nomor urut 01 Jokowi-Maruf itu.

“Sikap Luhut memberikan amplop kepada kiai dengan tujuan mencoblos yang baju putih, sangat menghina dan merendahkan martabat kiai. Saya sebagai umat muslim sangat tersinggung,” kata @abudzaky2015.

“Wedeh yang punya negara semakin terang-terangan minta dukungan pakai amplop,” ujar @silmy_afiqa.

“Mari ikuti pesan dari KPK jangan pilih pemimpin yang beri amplop,” ungkap @do_ra_dong.

“Hihihi Bawaslu kemana ya, kira-kira diproses nggak ya? Itu jelas loh ada bukti videonya, alasannya apa ya?” tutur @flowmars19.

“Aduh parah euy,” cuit @menakkopi.

“Ayo pak wiranto cc @wiranto1947 katanya mau ditindak to hihi,” kicau @D977Tendria.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up