Berita

Soetrisno Bachir: Pengertian Taqdir Perlu Diperbaharui

Kanigoro.com – “Ada kehidupan dunia yang kita harus mencari solusinya, tidak sekadar mengatakan sudah taqdir, ” ujar Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir dalam ceramah buka bersama Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) di Jakarta, Rabu (23/5) malam.

Mas Tris, sapaan akrab Soetrisno Bachir, lantas menyebut kemiskinan, sebagai salah satu masalah yang harus dicari solusinya.

“Mengapa di negara miskin seperti Ethiopia banyak bayi meninggal dan umurnya pendek. Sementara di negara-negara maju jarang ada bayi meninggal. Selain itu warga negara maju, umumnya juga berumur panjang,” ungkap Mas Tris.

Fenomena seperti itu menurut Mas Tris tak cukup hanya dikembalikan pada taqdir. Tapi manusia juga harus berusaha menemukan solusinya.

“Karena itu, pengertian taqdir perlu ditinjau lagi. Juga perlu pemikiran baru untuk mengikuti perkembangan jaman,” lanjutnya.

Terkait kondisi umat Islam Indonesia yang bakal punya bonus demografi dengan adanya 60% usia muda, Mas Tris mengingatkan hal itu bisa menjadi berkah atau musibah.

“Kalau generasi udanya bisa mengikuti perkembangan jaman akan bisa menjadi berkah,” tegasnya.

Mas Tris menggambarkan, bahwa keberhasilan Cina menguasai dunia memakai perencanaan, tidak terjadi dengan tiba-tiba. Pada tahun 2019 nanti, pertarungan global di Indonesia akan terjadi, dimulai dengan pemilihan presiden (pilpres).

“Siapa yang terpilih akan mempengaruhi negara mana yang bakal diuntungkan,” ungakap Mas Tris.

Kegiatan buka bersama dilanjutkan dengan shalat tarawih tersebut selain diisi ceramah dari Soetrisno Bachir juga diisi taushiyah oleh Pimpinan Ponpes Husnayain KH Cholil Ridwan. Tampak hadir dalam kegiatan perdana di bulan Ramadhan tahun ini Ketua Umum KBPII, Nasrullah Larada, Hidajat Kusdiman, A. Hakam Naja dan tokoh-tokoh KBPII lainnya.

Jadwal buka bersama berikutnya akan dilaksanakan di kediaman mantan Ketua Umum KBPII Prof. Dr. M. Ryaas Rasyid pada hari Sabtu (26/5) lusa.

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: