BeritaFeatured

Sabang Merauke Institute: Kawal dan Jaga Pesantren dari Virus Corona

Kanigoro.com – Terkait penyebaran virus Corona yang makin meluas, Direktur Sabang Merauke Institute Abdullah Rasyid mengajak semua kalangan untuk memberikan perhatian pada dunia Pesantren.

Ia menyatakan bahwa ada salah satu pesantren yang siswanya menjadi PDP (Pasien dalam Pengawasan) setelah mendapat kunjungan dari keluarga.

Rasyid mengajak semua kalangan untuk memberi perhatian khusus pada pesantren karena sistem pesantren menerapkan pola belajar dimana seluruh santri tinggal dalam sebuah komunitas sehingga rawan penyebaran virus Covid-19 jika salah satu anggota ada yang terpapar.

Bahkan ia menganjurkan agar me-lockdown pesantren yang berada di daerah yang tinggi kasus penyebaran virus Corona.

“Hal ini harus jadi perhatian, agar ada upaya meLockDown Ponpes yang ada. Terutama Ponpes di daerah yang tinggi kasus penyebaran wabah Corona ini. Jika satu santri terpapar sulit mencegah tidak terpapar massal, karena anak Ponpes biasanya melakukan aktifitas selalu bersamaan (berkumpul), seperti belajar, makan, mandi dan ibadah,” ujar Rasyid kepada Kanigoro.com, Kamis (26/3/2020).

Langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi pesantren dari bahaya penyebaran virus Corona menurut Rasyid, bisa dimulai dengan pendataan pesantren, pemeriksaan Covid 19, pemberlakuan protokol Corona, dan Lockdown setempat.

“Ini harus segera dilakukan mengingat para santri tetap belajar di pesantren sementara siswa sekolah umum sudah menerapkan pola belajar online. Dan masalah ini nampaknya luput dari perhatian kita” pungkas Ketua Partai Demokrat tersebut.

(T)

Selanjutnya

Artikel Terkait