BeritaFeatured

Refleksi Harba ke-72 : PII Diharapkan Mampu Membangun Masyarakat Madani

Kanigoro.com – Pengurus Wilayah Pelajar lslam lndonesia (PW PII), Jawa Timur, mengadakan Diskusi Bersama Poros Pelajar Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Bangkit (Harba) Pelajar lslam lndonesia (Pll) ke 72, Sabtu (18/05) di DiLo, Gedung Geco, Surabaya.

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut, Ketua Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Jawa Timur, Achmad Hartono Adi Prabowo (Tono), menyampaikan aspirasinya tentang pelajar beradab.

“Pelajar beradab adalah pelajar yang memiliki karakter. Dibentuk dari sebuah sistem dalam pendidikan maupun pelatihan.” ucap Tono.

Tono berharap mereka yang merasakan pelatihan di PII menjadi manusia yang berakhlakul karimah.

 

Achmad Hartono (tengah)

“Kita adalah organisasi Islam, organisasi pelajar Islam. Maka diharapkan mereka nanti bisa menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Hasil dari belajar dan beribadah dengan benar.” harapan Tono.

“Belajar adalah sebuah modal penting untuk membangun masyarakat madani.” Kata Tono.

Ia melanjutkan, “Ada lima pondasi masyarakat madani. Dalam buku Anis Mata menyatakan bahwa masyarakat madani adalah masyarakat yang ada di Madinah pada zaman Rasulullah. Kekuatan ilmu menjadi landasan pertama, sedangkan supremasi hukum menjadi landasan kedua, menjadi Panglima dalam negara tersebut.”

“Ketiga, Menjadikan pelajar ataupun masyarakat di masa depan yang dia itu Mematuhi norma-norma ataupun etika-etika yang ada di dalam masyarakat.” imbuhnya.

Tono juga mengatakan, landasan masyarakat madani yang keempat adalah kekuatan jaringan dan kelima yaitu apresiasi terhadap keindahan atau pun karya-karya yang diciptakan oleh masyarakat.

Tono mengungkapkan bahwa setiap orang, setiap pelajar, setiap masyarakat pasti mempunyai potensi. Bagaimana memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat pelajar.

“Pastinya masyarakat madani ini kita harapkan adalah masyarakat yang sesuai dengan asas-asas Islam. Sehingga kondisi umat di masa depan itu adalah sesuai dengan apa yang telah dibangun oleh Rasulullah dan para sahabat.” Ujarnya. (Fn)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up