BeritaFeatured

Prof. Dr. H. Bachtiar Aly, MA: Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Kepada Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota di Kelurahan Pontir, Depok

Kanigoro.com – Sebanyak ratusan aparatur pemerintah kelurahan Pondok Petir, Depok mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara; UUD Tahun 1945; Sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR; NKRI Sebagai Bentuk Negara; Dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara; dibahas secara jelas dalam sosialisasi ini.
Kegiatan tesebut dihadiri oleh anggota DPR/MPR RI Prof. Dr. H. Bachtiar Aly, MA, Selasa (14/5).

Sementara itu, Pemerintah Kelurahan Pondok Petir, menghadirkan lurah Pondok Petir dan seluruh staf jajarannya beserta ketua-ketua RT/RW se-kelurahan Pondok Petir, Depok. Lurah Pondok Petir sangat mengapresiasi terselenggaranya acara  ini. Menurut beliau sosialisasi empat pilar MPR RI merupakan sesuatu yang sangat esensial dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Aparatur pemerintah dan perangkat jajarannya merupakan elemen penting di dalam menumbuh suburkan semangat tersebut,” ungkap Lurah Pontir.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Bachtiar Aly, MA, memberikan membuka acara sambutan sekaligus menyampaikan materi sosialisasi empat pilar ini, pertama mengapresiasi dan menjelaskan tentang sejarah Pancasila serta Undang-Undang Dasar.

“Memahami Pancasila tidak hanya sekedar sila-silanya saja, tapi juga sejarahnya yang diamanahkan oleh pendiri bangsa terdahulu,” ungkapnya.

Prof. Dr. H. Bachtiar Aly, MA ;
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Kepada Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota Di Kelurahan Pontir, Depok.

Para pejabat dan aparatur Negara, khususnya pemeritah kabupaten/kota hingga di hierarki jajarannya merupakan salah satu kunci penggerak informasi yang digugu dan ditiru, sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu dibangun secara struktural untuk membangun sikap dan mental masyarakat, terutama bagi kaum generasi muda.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah. Termasuk melalui media sosial karenanya hal itu harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter. Saya berharap hendaknya para orang tua, guru serta pejabat pemerintah dapat membimbing putra putrinya dalam memanfaatkan Medsos dengan benar dan bagi masyarakat serta generasi mudanya tidak lagi menjadi konsumen dan produsen berita berita HOAX. Apalagi ujaran kebencian dan perilaku perilaku dan ujaran yang mengarahkan kepada budaya intoleransi,” jelas Prof. Bachtiar.

Acara dilanjutkan dengan dialog hangat dan diakhiri dengan buka puasa bersama dan shalat maghrib berjamaah. Diharapkan para peserta dapat meneruskan materi sosialisasi serta memberikan pentingnya 4 pilar kepada masyarakat pondok petir (Pontir) secara luas. (Fn)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up