Berita

Perkuat Basis Data, BPJS Ketenagakerjaan Teken Kerjasama dengan BPS

Jakarta, Kanigoro.com – Badan Pusat Statistik (BPS) siap memberi dukungan penuh kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dalam menjalankan program jaminan sosial ketenagakerjaan.
Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua lembaga di kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan, Senin (15/05).

Dalam Nota Kesepahaman tersebut, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto yang bertindak sebagai pihak pertama mengatakan, bahwa tujuan Nota Kesepahaman ini adalah untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan tugas dan wewenang kedua pihak dalam rangka mendukung dan mengoptimalkan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Perstatistikan Nasional.

Kerjasama ini merupakan kesepakatan tentang penyediaan, pemanfaatan, serta pengembangan data dan infromasi untuk mendukung program kedua belah pihak. Dan untuk BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah guna memetakan data potensi peserta BPJS ketenagakerjaan yang saat ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan menggunakan data yang valid, pemetaan potensi pekerja dapat dibentuk sesegera mungkin untuk menentukan strategi yang tepat dalam mengakuisisi pekerja di seluruh Indonesia, kata Agus.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga, E. Ilyas Lubis, juga mengatakan, untuk mendukung kerjasama ini, data potensi diterima akan dieksekusi secara langsung dengan mengotimalkan kinerja kerja 11 Kantor Wilayah, 121 Kantor Cabang dan 203 Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan telah bekerja sama dengan pihak perbankan untuk membangun jaringan Service Point Office (SPO) sebagai perpanjangan tangan dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta dan calon peserta BPJS Ketenagakeraan, baik dalam proses pendaftaran dan pelayanan klaim” kata Ilyas.

“Kami juga akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan upaya perluasan kepesertaan agar seluruh pekerja di Indonesia bisa mendapatkan perlindungan paripurna dari program BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan amanah Undang-undang,” tukas Ilyas.

(azr)

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker