Berita

Peringatan HUT RI Ke-74 di Desa Jatiragas Hilir Kolaborasi Spirit Nasionalis-Religius

Kanigoro.com – Berbeda dengan daerah lainnya, peringatan HUT RI ke-74 di Kampung Karajan Desa Jatiragas Hilir Patokbeusi, Subang, diselenggarakan tidak hanya dengan semangat nasionalisme tapi dikuatkan dengan spirit keagamaan.

Bayu Zaenawi Anggota BPD Desa Jatiragas Hilir menerangkan, peringatan kali menjadi yang pertama dan bersejarah lantaran pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan hanya diperingati dengan lomba-lomba pada umumnya.

“Kita tidak memisahkan pentingnya moril dan nilai keagamaan dari momentum kemerdekaan, karena sejatinya kemerdekaan diraih juga berkat dorongan spirit agama,” jelasnya.

Tentu dengan tidak menghilangkan tradisi lomba-lomba dan karnaval dalam rangka memeriahkan kemerdekaan. Ada lomba balap karung, lomba tarik tambang, lomba joget, lomba kelereng, lomba tangkap bebek dan lainnya.

Sementara di malam hari acara berlangsung khidmat dengan kegiatan Istighosah yang juga diisi tausiyah oleh Ustad Abdul Majid.

Dalam tausiyahnya ia menyampaikan bahwa dalam memaknai hari kemerdekaan tahun ini ada hal penting yang diwasiatkan nabi besar Muhammad saw dalam setiap doanya.

“Jika kondisi kita merasa belum merdeka secara mutlak. Barangkali ada sifat-sifat jelek yang menyertai kehidupan kita sehari-hari diantaranya sifat malas, pelit, tidak bersyukur dan kurang silaturahmi,” paparnya.

Dalam membangun kemajuan negara dan mengisi kemerdekaan diharapkan setiap dari bagian masyarakat baiknya tidak lupa bahwa kemerdekaan diraih dengan perjuangan semua pihak.

“Maka setelah peringatan ini diharap dapat membuat kita menjadi kompak dan mengisi kemerdekaan dengan syariat Islam yang moderat dan bermasyarakat dengan semangat gotong-royong saling membantu,” pungkasnya. (Guns/Fn)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up