Berita

Aktivis Buruh Ingatkan Liga Sepakbola Pekerja Tidak Ditunggangi Kepentingan Politik

Kanigoro.com – Aktivis Buruh meminta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri, untuk tidak memanfaatkan Liga Sepakbola kalangan pekerja/buruh dan perusahaan atau kompetisi Liga Pekerja Indonesia (LPI) untuk kepentingan politik.

“Dengan sering hadirnya Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar dalam hampir setiap pertandingan, bisa ditebak kegiatan sepak bola itu untuk kepentingan politik PKB yakni menggoalkan ambisi Muhaimin untuk menjadi Wakil Presiden RI,” kata Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (Opsi), Timboel Siregar, kepada Kanigoro.com, Rabu (17/4).

Menurut Timboel, kegiatan turnamen sepak bola tersebut kalau tujuannya untuk meningkatkan hubungan baik antara antara pekerja dengan pengusaha serta antara pekerja dengan pemerintah, bagus dan harus diterima.

“Namun, ketika ditunggangi untuk kepentingan politik, itu namanya licik. Tidak bagus. Kegiatan sepakbola yang menggunakan dana APBN senilai Rp3,5 miliar sungguh tidak elok kalau untuk kepentingan politik,” ujarnya.

Timboel menambahkan, kalau kegiatan LPI tidak ditunggangi kepentingan politik, seharusnya mengundang juga semua mantan Menteri Ketenagakerjaan yang masih hidup seperti Theo L Sambuaga, Bomer Pasaribu, A.M. Hendropriyono, dan lain-lain. “Ya, kita lihat Muhaimin terus yang hadir. Ya ini kepentingan politik,” imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, Kemnaker menyelanggarakan liga sepakbola pekerja di beberapa daerah dengan mengalokasikan dana APBN sekitar Rp3,5 miliar. Dalam pelaksanaannya, Ketum PKB Muhaimin Iskandar hadir pada peresmian itu, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, 17 Desember 2017 dan beberapa tempat lainnya. Hingga kini, liga sepakbola yang memperebutkan Piala Presiden ini masih tetap berlangsung.

Hanif Dhakiri mengatakan, sebanyak 544 klub bola yang berasal dari kalangan SP/SB dan perusahaan memperebutkan Piala Presiden Joko Widodo. Piala bergilir ini akan diperebutkan dalam kompetisi Liga Pekerja Indonesia (LPI) yang merupakan rangkaian kegiatan May Day 2018. “Ini merupakan momen penting bangkitnya kembali sepakbola pekerja/buruh yang telah lama vakum. Momen ini tentu saja dapat memberikan harapan bagi atlet sepakbola untuk tetap berkarir dan berkarya dalam industri sepakbola,” kata Hanif Dhakiri, saat membuka LPI Zona Provinsi Bangka Belitung, awal Pebruari 2018.

Sementara itu,  sebagaimana diunggah dalam akun twitter @KemnakerRI, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hadir dalam pembukaan LPI di Surabaya sebagai inisiator Liga Pekerja Indonesia. Tidak hanya itu,  Cak Imin juga melakukan tendangan bola pertama sebagai tanda dimulainya LPI.  (azr)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up