Berita

Pelayanan KTP Elektronik di Nusantara Expo Ricuh, Kemendagri Minta Maaf

Kanigoro.com – Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh meminta maaf kepada masyarakat yang belum mendapat pelayanan untuk mengurus KTP Elektronik melalui Nusantara Expo & Forum 2017 di Anjungan Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 18-22 Oktober 2017.

Sebagaimana diketahui, ribuan masyarakat datang membudak ke stand milik Provinsi DKI Jakarta karena Direktorat Dukcapil membuka pelayanan untuk mencetak dan mengurus KTP Elektronik.

Ribuan massa yang antri sejak jam 04.00 hari ketiga, Kamis (19/10/2017) ini sempat ricuh lantaran sedikitnya petugas dan minimnya informasi yang diberikan.

“Saya minta maaf kepada warga yang belum terlayani dengan baik. Semua data yang masuk akan kami berikan ke kecamatan masing-masing agar per hari Senin esok mulai dikerjakan,” ujar Zudan ketika jumpa pers di TMII, Jakarta, Minggu (22/10).

Zudan menjelaskan, sejak layanan di buka pada tanggal 18 hingga Sore penutupan Nusantara Expo dan Forum pada 22 Oktober ini sudah ada 18.984 permohonan dan masih 3000 lagi yang sedang kami proses.

Perinciannynya, 13.000 warga DKI, selebihnya dari luar DKI dari 14 daerah Bekasi, Kab. Bekasi, Bogor, Kab. Bogor, Tangesel, Kab. Tangseel, Depok, Cilacap 2 bus yang kebetulan sedang wisata.

“Ini menunjukkan ada respon yang tinggi dari masyarakat untuk miliki KTP Elektronik,” paparnya.

Dijelaskan, pada prinsipnya apa yang bisa dicetak di pusat juga dipastikan bisa dicetak di daerah. Kenapa? karena SOP (Standar Operating Procedurnya) sama.

Terkait adanya keluhan warga yang belum bisa dicetak KTP Elektroniknya, Zudah menambahkan hal itu karena data yang ada di kecamatan belum selesai diproses.

“Bottle necknya ketika kecamatan belum mencetak, mungkin karena blanko nya habis lalu warga ke TMII,” ujarnya.

Dukcapil akan menjemput bola untuk layanan E-KTP. “Caranya yaitu dengan mengundang kami dan akan datangi dengan layanan gratis,” pungkas Zudan. (th)*

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: