Berita

Pecahkan Rekor Pagelaran Tari, Nusantara Expo 2017 Resmi Ditutup

Kanigoro.com – Kementerian Dalam Negeri resmi menutup penyelenggaraan Nusantara Expo & Forum 2017. Kegiatan yang dibuka dengan 230 tarian Nusantara ini telah memecahkan Rekor Dunia baru yang diberikan oleh Meseum Rekor Indonesia (MURI) 2017 untuk Kemendagri.

“Alhamdulillah, rangkaian kegiatan Nusantara Expo & Forum 2017 ini telah berhasil kami jalankan dengan baik. Ke depan, kami menunggu saran dan masukan dari Kementrian & Lembaga terkait, pemda, pelaku ekonomi, pengamat, pengelola TMII dan stake holder terkait lainnya agar kami bisa melaksanakan kegiatan ini dengan lebih baik lagi,” ujar Sesditjen Polpum Didi Sudayana ketika membacakan pidato penutupannya mewakil Dirjen Polpum Soedarmo di TMII, Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Menurut Sesditjen, kegiatan expo yang dimulai dari tanggal 17 Oktober dengan Parade 230 Tari Nusantara dan berakhir pada 18 Oktober telah menghasilkan Rekor Dunia MURI baru. Rangkaian kegiatan lain seperti Forum Dialog Kaum Muda, Business Matching dan Dialog Ekonomi diharapkan juga menghasilkan sejumlah manfaat bagi peserta, pemda dan pelaku ekonomi.

Bagi pelaku UMKM, kata Didi Sudayana, kami harapkan agar lebih termotivasi untuk hadirkan produk ekonomi yang lebih kreatif sekaligus menumbukan bentuk-bentuk ekonomi kreatif baru di masyarakat.

Ia menjelaskan, kegiatan Nusantara Expo dan Forum ini juga bertujuan untuk merevitalisasi anjungan yang ada TMII agar potensi wisatanya kian berkembang. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2014 tentang Revitalisasi Fungsi dan Peran Anjungan Daerah di Taman Mini Indonesia Indah telah memperkuat sikap bahwa pemerintah pusat bersama-sama dengan pemerintah daerah mengajak seluruh komponen bangsa memelihara, melindungi dan mengembangkan warisan seni dan budaya dengan cara-cara inovatif dan kreatif untuk membangun ekonomi bangsa.

Sementara itu, Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, Lutfi menambahkan, kegiatan Nusantara Expo & Forum 2017 ini melibatkan 170 kabupaten kota dari 12 provinsi. Secara umum seluruh kegiatan semuanya berjalan baik lancar dan ada sedikit catatan terkait penyelenggaran pada stand Pelayanan Kependudukan yang mendapatkan kunjungan massif dari warga.

“Di luar dugaan kami, ternyata massa membludak, dari medan, cilacap dan sebagainya sehingga panitia tidak siap namun berkat kesigapan teman-Dukcapil, alhamdulillah semuanya sudah tertangani dengan baik,” papar Lutfi. (th)*

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: