Berita

Panwaslu Tanah Abang Temukan Banyak Kejanggalan Dukungan Perseorangan DPD

Al Badri Ketua Panwaslu Kecamatan Tanah Abang menemukan kejanggalan dalam melakukan tugas pengawasan pemilu pada tahapan verifikasi faktual syarat dukungan pencalonan perseorangan  yang berlangsung 30 Mei – 19 Juni 2018.

Kejanggalan tersebut adalah dukungan yang dibubuhi tanda tangan atau cap jempol jari tangan yang  tidak sesuai dengan KTP.

Di wilayah kerja Panwaslu Kecamatan TanahAabang pada pengambilan sampling 10% verifikasi faktual, syarat dukungan pencalonan perseorangan terdapat dukungan yang sangat besar untuk Sylviana Murni 62 orang, Ardi Putra Baramuli 53 orang, Saleh Khalid 36 orang dan Fahira Idris 29 orang. Selebihnya berjumlah dibawah 9 orang.

“Jika melakukan penarikan uang tunai di bank dengan tanda tangan yang tidak sesuai dengan KTP, maka pasti di tolak.” ujar Al Badri.

Tanda tangan pada form dukungan dan KTPhampir persis atau bisa disebut “ASPAL” asli tapi palsu. Namun, Al Badri tidak bisa melakukan validasi karena bukan domain Panwaslu untuk menindaklanjuti soal tersebut secara hukum.

Selain itu juga diharapkan netralitas semua penyelenggara pemilu dengan adanya mantan ketua KPU provinsi DKI Jakarta dan mantan anggota KPU kota Jakarta Pusat yang sudah mengundurkan diri untuk bertarung sebagai peserta pemilu anggota DPD yaitu Sumarno dan Ferry Iswan. Mereka memiliki dukungan yang tersebar minimal 50% dari jumlah kab/kota di dki jakarta.

Pada verifikasi faktual ini digunakan metode sampel acak sederhana sebanyak 10% untuk yang memiliki dukungan lebih dari 10 orang. sedangkan jika paling banyak 10 orang, Panwaslu kKcamatan lakukan sensus.

Ini sesuai PKPU no 14 tahun 2018 tentang pencalonan perseorangan, yaitu pasal 15 ayat 1, daftar dukungan yang dibubuhi tanda tangan atau cap jempol jari tangan dan dilengkapi fotokopi KTP-EL atau suket setiap pendukung.

Lalu di pasal 34 ayat 2 disebutkan jika tidak sesuai dengan identitas dalam KTP-EL atau suket asli yang dimiliki pendukung, dukungannya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up