Berita

Massa Pendukung Amien Anggap KPK telah diintervensi Kepentingan Politik

Jakarta, Kanigoro.com – Puluhan demonstran melakukan unjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Senin (5/6). Mereka memberikan dukungan kepada Tokoh Reformasi Amien Rais setelah namanya disebut dalam persidangan kasus dugaan korupsi alat kesehatan (alkes) dengan terdakwa mantan menteri kesehatan Siti Fadilah Supari.

Pada aksi itu, demonstran mengecam KPK. Mereka menganggap KPK telah melakukan pembunuhan karakter terhadap mantan ketua Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Selain, itu mereka juga meminta kepada pimpinan KPK agar menerima kedatangan Amien. “Kami meminta kepada KPK untuk menerima ayahanda kami,” teriak seorang demonstran, Taufan Putra Revolusi.

Mereka juga mengancam akan melakukan intervensi kepada lembaga antirasuah tersebut. Mereka beralasan saat ini KPK dapat diintervensi oleh pihak lain melalui kekuatan politik sehingga menjadi sah apabila masyarakat juga melakukan intervensi kepada KPK.

“Saya kira KPK sudah tidak bersih lagi. Namanya sudah tidak lengkap, KPK pemberantasan korupsinya sudah hilang, sekarang tinggal ‘komisinya’ saja,” ujar Ketua DPP IMM ini.

Amien berencana menemui langsung Ketua KPK Agus Rahardjo berkaitan dengan penyebutan namanya dalam surat tuntutan Siti Fadilah Supari dalam persidangan kasus dugaan korupsi alkes. Namun, hingga pukul 13.40 WIB, Amien belum datang.

Pimpinan KPK juga sudah menyatakan tidak akan menerima Amien untuk menjaga independensi lembaga dalam penegakan hukum. Amien merupakan pihak terkait dalam konstruksi kasus yang sedang dituntut oleh KPK.

Sesuai perundangan, KPK tidak boleh menemui orang yang terkait dengan perkara. Jika itu dilanggar, pimpinan KPK dapat menerima sanksi pidana.

(republika)*

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker