Berita

Komentar Ustadz Abdul Somad tentang Survei LSI Denny JA: Biarkan aja, Akhi. Diamkan Saja

Kanigoro.com – Ustadz Abdul Somad menanggapi hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA. Seperti diketahui, rilis jajak pendapat itu menyebutkan imbauan yang disampaikan mubaligh ini paling banyak diikuti publik dibandingkan empat ulama lainnya.

Bagi dai lulusan S-1 Universitas al-Azhar (Mesir) itu, tidak ada arti penting sama sekali dari survei demikian. “Biarkan saja, akhi. Diamkan saja,” kata Ustadz Abdul Somad kepada Republika.co.id, Jumat (16/11).

Pada Rabu (14/11) lalu, LSI mengungkapkan hasil kerja pihaknya dalam menjaring pendapat masyarakat. Hasilnya, sosok Ustadz Abdul Somad dinilai sebagai ulama yang paling didengar suaranya, yaitu sebesar 30,2 persen dari keseluruhan responden.

Selain dai kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, tersebut, ada nama-nama pendakwah lainnya yang sudah tenar di kancah nasional. Berturut-turut di bawahnya adalah Ustadz Arifin Ilham (25,9 persen), Ustadz Yusuf Mansur (24,9 persen), Ustadz Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym (23,5 persen), dan Habib Rizieq Shihab (17 persen).

LSI menetapkan tiga syarat utama yang menjadi kriteria ulama berpengaruh, yakni tingkat pengenalan di atas 40 persen, tingkat kesukaan di atas 50 persen, dan kemampuan memengaruhi pendengar di atas 15 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman, mengungkapkan, dari kelima ulama tersebut, Aa Gym merupakan ulama yang paling dikenal masyarakat dengan presentase 69,3 persen. Di bawahnya terdapat Ustadz Abdul Somad (59,3 persen), Ustadz Yusuf Mansur (57,2 persen), Habib Rizieq (53,4 persen), dan Ustadz Arifin Ilham (41,2 persen).

Adapun urutan ulama yang memiliki tingkat kesukaan tertinggi, menurut rilis survei tersebut, adalah Ustadz Yusuf Mansur (85,9 persen), Ustadz Arifin Ilham (84,4 persen), Ustadz Abdul Somad (82,5 persen), Aa Gym (79,7 persen), dan Habib Rizieq (52,9 persen).

Satu hal yang menjadi sorotan lembaga ini adalah menurunnya pengaruh pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Menurut Ikrama, ketokohan sosok yang kini bermukim di Arab Saudi itu mulai menurun jika dibandingkan dengan survei pada Desember 2016 silam, yakni dari 31,4 persen menjadi 17 persen pada Oktober 2018.

“Pengaruh Habib Rizieq berkurang semenjak tidak lagi di Indonesia dan dicitrakan bermasalah hukum. Pada Desember 2016 Habib Rizieq masih berada di Indonesia dan belum punya masalah hukum,” kata Ikrama, Rabu (14/11) lalu. Dalam konteks menjelang Pilpres 2019, LSI Denny JA menilai, pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin unggul di pemilih yang mendengarkan imbauan Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Yusuf Mansur, dan Aa Gym. (ROL).

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Check Also

Close
Scroll Up