Berita

Koalisi Relawan Jokowi-Makruf Deklarasi di Yogyakarta

Kanigoro.com – Koalisi relawan pendukung Jokowi dan pendukung Kiai Makruf Amin, Selasa (9/10) berkumpul  di Yogyakarta bersatu untuk menyatukan visi kampanye dan pemenangan. Pertemuan tersebut menyepakati beberapa hal tentang pola dan cara kampanye bagi pemenangan Jokowi Makruf pada pilpres 2019 nanti. Acara pertemuan bertempat di Cafe Ruang Waktu “Milk & Cake” Jalan Raya Pundung Universitas Aisyah, Yogyakarta.

Aris Munandar Sekjen Rumah Kurma mengatakan disamping deklarasi KURMA oleh DPW Propinsi DIY, pertemuan ini juga akan menggagas program utama Kiai Makruf dalam kerangka Ekonomi Kerakyatan yang disebut dengan Arus Baru Ekonomi Indonesia.

“Agar tidak terjebak jargon-jargon lama yang didaur ulang, kami bersepakat bahwa arus baru ekonomi Indonesia adalah ekonomi syariah yang menjadi prioritas utama pengembangan ekonomi kerakyatan” ungkap Aris.

Aris yang aktif di dunia kebudayaan juga menjelaskan disamping ekonomi kemitraan sebagai tangan panjang perjalanan perekonomian bangsa Indonesia, yang sampai kini masih banyak problematika berkenaan perekonomian bangsa yang belum tertangani dengan baik. Selanjutnya, karena kemandirian, ketahanan, dan kesejahteraan perekonomian rakyat belum dapat diwujudkan secara merata. Kekuatan-kekuatan ekonomi masih berputar di basis-basis perorangan atau sebagian kelompok. Oleh karenanya, rangkaian sistem ekonomi yang terjadi masih dan makin menguatkan yang kuat,  melemahkan yang lemah. 

Maka, lanjut Aris, kerjasama ekonomi pun, tidak benar-benar sebagai suatu bentuk kerjasama yang saling menguntungkan, “Tapi seperti sebuah jebakan, bahwa yang lemah harus mengikuti kemauan yang kuat,” katanya.

Oleh karena itu, kata Aris penting bagi kita, seluruh elemen bangsa untuk melakukan pengawalan dan pendampingan yang sistematis, komunikatif, progresif, pragmatis, berkesinambungan, membangun sinergi, profesionalisme dan proporsionalitas, dalam skema kerangka kegiatan ekonomi yang berbasis kemitraan. Sehingga mampu mengkoneksikan harapan dan bentuk pelaksanaan kegiatan ekonomi secara kongkret maju ke masa depan perekonomian kerakyatan yang diharapkan.

Disamping itu, lanjut Aris, kami koalisi relawan juga berusaha dan berupaya menggelorakan semangat kampanyenya dengan adem, tanpa gejolak.

“Karena hanya dengan tersenyumlah semangat memasuki ‘gerbang semesta kebaikan’ akan tercapai!” ujar Aris.

Aris memaparkan  program riil yang sedang digalang relawan KURMA beserta koalisinya antara lain: penguatan jasa tani di pedesaan, dan pemberdayaan masyarakat tani di pedesaan. (*)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya