Berita

Ketua Umum PB PII: Dalam Pemilu, PII Tidak Memihak Parpol dan Capres Manapun!

Menteri ATR Sofyan Djalil Buka SDPN PB PII

Kanigoro.com – “Tidak lama lagi kita akan menghadapi pesta demokrasi, tentunya harus ditegaskan bahwa dalam pemilu PII tidak memihak kepada parpol dan capres manapun, sesuai ketentuan yang tertuang dalam Anggaran Dasar PII pasal 4,” tegas Ketua Umum Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PB PII) Husin Tasrik Makrup. Pernyataan itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada Pembukaan Sidang Dewan Pleno Nasional (SDPN) PB PII di Gedung Sate, Bandung, Kamis (7/3) siang.

Meski PII menjaga netralitas dalam pemilu, Ketua Umum PB PII asal Riau ini menyatakan kesiapannya untuk selalu mendukung program pemerintah. Menurutnya hal itu sudah biasa dilakukan PII sebelumnya, khususnya kebijakan pemerintah di bidang pendidikan yang sudah dijadikan fokus garapan sejak awal PII berdiri.

“Tahun 50-an pasca agresi militer Belanda ke-2 PII yang pertama kali memberikan penghargaan kepada pelajar, dengan gelar bintang pelajar, dan PII juga yang menggagas progam AFS (American Field Service), yang hingga kini masih ada, meskipun tidak dikelola PII lagi,” imbuhnya.

Husin menjelaskan lebih lanjut, bahwa SDPN ini merupakan kegiatan yang menjadi wadah evaluasi kinerja paruh periode kepengurusan PB PII dan juga evaluasi kinerja PII secara menyeluruh.

“Dalam setengah periode ini, PII perlu melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana kinerja yang telah dilakukan oleh pengurus dan kader PII serta sejauh mana pencapaian visi dan misi PII,” terang Husin.

Ditambahkan Husin, sejak pertama berdirinya di Yogyakarta tahun 1947, PII yang sudah berusia 72 tahun, semakin besar dan terus melakukan berbagai inovasi. Harapannya PII senantiasa menanamkan tiga komitmen pada kadernya yaitu komitmen kepelajaran, keislaman dan keindonesiaan.

SDPN PB PII periode 2017-2020 akan digelar selama empat hari, yakni 7 s.d 10 Maret 2019. Rangkaian kegiatan SDPN PB PII terdiri dari seminar nasional, forum persidangan nasional dan Pertunjukan Seni budaya. Ketua Panitia Pelaksana SDPN PB PII, Fadli Islami Nazar dalam laporan menyampaikan perkembangan peserta. 

“Sampai saat ini, sudah hadir perwakilan dari 23 pengurus wilayah (PW PII) se-Indonesia dan satu perwakilan luar negeri, yaitu dari Mesir,” jelas Fadli.

Pembukaan SDPN PB PII dilakukan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, yang merupakan alumni PII dan bergabung dalam Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII). Sebelum membuka SDPN secara resmi, Sofyan Djalil memberikan amanat kebangsaan tentang Kesiapan Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0.

Selain Sofyan Djalil, ikut memberikan sambutan adalah Ketua Umum Pengurus Wilayah Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PW KBPII) Jawa Barat, Ujang Sahrudin dan Sekda Jawa Barat, Iwa Kartiwa mewakili Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up