Berita

Ketua MPR Zulkifli Hasan: Jangan Gunakan Pancasila Untuk Menstigmatisasi Lawan Politik

Kanigoro.com – Ketua MPR RI yang juga Ketua DPP PAN menyatakan Pancasila itu ada untuk mempersatukan bangsa bukan sebaliknya untuk lawan melawan atau menstigmatisasi kawan dan lawan, mendikotomi kami dan mereka, sebagaimana pernah terjadi dalam sebuah ajang Pilkada.

Demikian dikatakan Bang Zul, panggilan akrab ketua MPR RI ini di hadapan ratusan mahasiswa, karyawan dan dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Selasa 19 September 2017, ketika memberikan paparan tentang empat pilar bangsa lndonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Eka dan NKRI.

Ia menegaskan bagaimana Pancasila bisa dipakai untuk mempersatukan bangsa lndonesia dan memaksimalkan penerapannya untuk masyarakat lndonesia. Yakni menumbuhkan sikap gotong royong, kasih sayang, menghargai dan menghormati sesama anak bangsa, serta berprilaku adil untuk lndonesia sejahtera dan bermartabat.
“Dalam demokrasi Pancasila yang berdaulat dan berkuasa itu rakyat. Jika rakyat berdaulat pasti tidak ada ketidak-adilan. Tidak ada saling membenci dan permusuhan. Namun sekarang rakyat kurang berdaulat, karena kedaulatannya sudah dikalahkan oleh uang. Hak pilih dapat diganti dengan uang, jika terjadi korupsi dan penyimpangan lainnya, rakyatlah yang sengsara karena mengalami ketidak adilan”, ujar Bang Zul.

Untuk mengatasi masalah ini, Zulkifli memberikan saran agar jangan memilih calon pimpinan politik karena uang tapi pilih yang berkualitas dan bermutu. “Lihat track record mereka, jadi jangan asal pilih, apa lagi memilih hanya karena balas budi”, tukasnya.

(Sudono Syueb)*

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up