Berita

Ketua MPR: Jangan Jadi Buruh di Rumah Sendiri

Kanigoro,com – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan bahwa kesenjangan sosial-ekonomi yang makin meluas akan menyebabkan masyarakat menjadi buruh di rumah sendiri. Hal itu disampaikan Zulhasan, sapaan Zulkifli dalam acara Dialog Kebangsaan di Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (5/3).

Menurut Zulhasan, kesenjangan yang makin meluas juga akan mendesak tenaga kerja Indonesia mencari kerja di luar negeri. “Tapi, di luar negeri jadi buruh juga,” ujar Zulhasan.

Menurutnya, kepemilikan tanah sudah sangat timpang dimana satu persen orang menguasai tanah sampai 70 persen dalam bentuk konsesi hutan, tambang, dan konsesi lainnya.

Karena itu, tambahnya, pemerintah harus mengambil langkah tegas dalam mengatasi kesenjangan. “Di Banyuasin ini 70 persen tanah bukan milik warga,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Zulhasan yang juga ketua umum PAN (Partai Amanat Nasional) mengingatkan bahwa peredaran narkoba yang sangat luas akan menghancurkan ketahanan nasional. “Mula-mula generasi muda dihancurkan, setelah anak muda tidak punya kepedulian tanah-tanah akan dikuasai,” kata Zulhasan.
Mantan menteri kehutanan ini mengaku prihatin terhadap penyelundupan berton-ton narkoba ke Indonesia, “Kita harus perang lawan narkoba,” pungkasnya. (ik)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up