Berita

Kapolresta Belawan Janjikan Pertemuan Senin di Poldasu

Setelah Didemo Dugaan Mengkriminalisasi Tokoh Islam

Kanigoro.com – Aliansi Umat Islam Bersatu Sumatera Utara melakukan Aksi Damai Bela Ulama Sumut yang dikriminalisasi yaitu Ketua DPP Kesatuan Aksi Ummat Islam (KAUMI) Ustadz H. Irfan Hamidi, Jumat (16/2) siang.

Para peserta aksi datang berombongan dari Masjid Taqwa Raya Muhammadiyah Belawan dan Masjid Raudhatul Islam Medan Barat menuju Mapolresta Belawan. Aksi dimulai dengan orasi tokoh-tokoh diantaranya Ketua MUI Belawan Ustadz H. Ishak Naharuddin, Lc, M.A, anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara, anggota DPRD Medan Ustadz Jumadi dan para tokoh lainnya.

Kapolresta Medan Belawan AKBP H. Ikhwan Lubis, SH, MH menerima delegasi aksi, yang diwakili utusan dari beberapa elemen: Ustadz Indra Suheri (FUI SU), Ustadz Abu Fajar(FPI SU), Ustadz Heriansyah (GNPF SU), Wahyi (Romo Center), Ustadz Mukhlis (tokoh muslim Langkat), dan Ustadz Taufiq Simbolon (AMMBU).

Tuntutan para peserta aksi adalah agar kasus H. Irfan Hamidi dihentikan -statusnya masih delik aduan- agar yang mengajukan (anggota polsek Belawan) menarik aduannya.

“Kami meminta agar proses hukum terhadap H. Irfan segera dihentikan karena kasus ini sangat bernuansa kriminalisasi. Memperpanjang kasus ini hanya akan semakin memanaskan situasi di Sumut jelang Pemilu 2019,” ujar Ketua GNPF Ulama Sumut Ustadz Heriansyah.

Menurut informasi Kapolresta Medan Belawan dalam pertemuan tersebut, kasus sudah dialihkan ke Poldasu. Para utusan peserta aksi dan Kapolres Medan Belawan kemudian sepakat akan melakukan pembicaraan dengan Poldasu yang langsung dimediasi oleh Kapolres Medan Belawan dan Romo Center, pada Senin 18 Februari 2019, untuk meminta penghentian kasus tersebut.

Pasca kesepakatan untuk mengadakan pertemuan Senin, para peserta aksi membubarkan diri dengan tertib dan kondisi lokasi aksi bersih dari sampah sebagaimana sedia kala. Pihak Polresta Belawan juga menyatakan kegembiraannya karena aksi yang dilakukan umat Islam selalu berlangsung tertib dan bersih.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up