BeritaFeatured

Kamrussamad : Saatnya PII Bangun Kemandirian Ekonomi

Kanigoro.com – Agenda kegiatan Kursus Pimpinan Nasional (SUSPIMNAS) Pelajar Islam Indonesia (PII) tengah berlangsung, Selasa (16/7) di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta.

Pada kesempatan pagi tadi, hadir sebagai pembicara Kamrussmad, Koordinator Presidium KAHMI dalam materi Kepemimpinan strategis dan kekuatan visi pemimpin strategis.

Dia menjelaskan materi tersebut dalam dalam tiga poin penting. Pertama, tantangan pemimpin terhadap persoalan pengelolaan ekonomi.

“Kita harus mulai mengetahui dan menganalisasi persoalan ekonomi yang terjadi akhir-akhir ini. Pengelolaan ekonomi Indonesia harus banyak di evaluasi. Kita harus bisa memiliki keunggulan baik dalam teknologi, pendidikan, dan ekonomi. Kita harus optimis dalam membangun Indonesia kedepan.

Kedua, pengembangan ekonomi digital. Kondisi ekonomi hari ini benar-benar harus diperhatikan. Praktik kegiatan ekonomi saat ini sudah beralih ke e-commerce, dimana setiap kegiatan jual beli dan transaksi lainnya sudah melalui digital.

“Maka yang perlu kita lakukan adalah mengembangkan ekonomi berbasis digital. Kita lihat Alibaba.com, dalam sepuluh tahun sudah bisa besar. Mereka tidak mau dikalahkan oleh Amazon.com dalam perdagangan di dunia digital. Ini adalah persoalan kepemimpinan, dimana pemimpin memang harus memiliki independensi dalam mengembangkan ekonomi dari tingkat lokal.” kata Kamrussamad.

Ketiga, pentingnya peran generasi muda untuk membangun independensi dan interdependensi agar mampu bersaing di tingkat internasional. Hal ini jelas harapan bangsa Indonesia, bahwa kemandirian ekonomi menjadi harapan yang harus direalisasikan.

Kamrussamad juga memberikan support modal kepada setiap pengurus wilayah yang datang dalam acara tersebut untuk mengembangkan wirausaha di tingkat lokal.

Steering Committee (SC) SUSPIMNAS 2019 memberikan apresiasi kepada pemateri.

“Saya berikan modal kepada setiap pengurus wilayah PII yang hadir dalam acara ini untuk mengembangkan usaha kreatif di wilayah masing-masing. Kalian harus bisa mengembangkan produk lokal,” tutur Kamrussamad.

Kamrussamad memberikan dua buah buku karyanya kepada peserta.

Materi ditutup dengan penyerahan plakat dari Steering Committee (SC) kepada pemateri dan pemateri memberikan buku kepada lima perwakilan peserta. (Fn)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up