BeritaFeatured

Jubir BPN Prabowo-Sandi Respon Isu Pendataan Dukungan Masyarakat oleh Pihak Polri

Kanigoro.com – Pendataan dukungan masyarakat yang dilakukan oleh Polri semakin diperbincangkan. Suhendra Ratu Prawiranegara, Jubir BPN Prabowo-Sandi pun merespon pendataan dukungan masyarakat oleh pihak Polri.

Suhendra mengatakan “Kami baru mengetahui informasi ini melalui media kemarin. Yang mana saudara Haris Azhar, Direktur Kantor Hukum dan HAM Lokataru sebagai sumber beritanya.

Dia menambahkan “kami pun mempertanyakan maksud, motif dan tujuan pendataan ini? Yang disinyalir dilakukan oleh pihak Polri. Jika menyangkut untuk pemetaan potensi kamtibmas, ya sah-sah saja dilakukan oleh Polri. Namun jika mengacu pada maksud tersebut, ini kan tugas intelejen ya, apa harus terbuka mekanismenya? Justru kan menjadi aneh jika mekanisme pemetaan intelejen tapi dilakukan dengan cara terbuka dan terekspose ke publik.”

Berdasarkan informasi berita yang diterima, pendataan justru sudah menggali potensi dukungan kepada calon atau kandidat tertentu dalam pilpres.

“Hal ini yang menurut hemat kami dapat bertentangan dengan azas demokrasi. Bahkan dikhawatirkan akan adanya intimidasi dan penyalahgunaan wewenang pihak aparat kepolisian nantinya.” jelasnya.

“Seyogyanya pihak kepolisian tetap berpegang pada Azas Kewajiban Tri Brata dan UU Kepolisian, dan menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas dan kewenangnnya.” tambahnya.

“Kami berharap peristiwa oknum Kapolres di Jateng yang ikut berkampanye dan mendukung salah satu Capres pada pemilu 2004 tidak terulang lagi saat ini.” tegasnya.

Suhendra berharap agar kasus oknum Kapolres tersebut dijadikan bahan evaluasi internal pihak Polri, agar tidak masuk pada wilayah politik.

“Sebab bukan domainnya Polri. Apalagi Kapolri sudah mengeluarkan TR/edaran agar menjaga netralitas dalam pemilu. Jangan sampai justru TR tersebut ambivalen dan hanya sebatas formalitas semata. Tapi faktanya justru sebaliknya. Kami tidak berharap demikian. “ lanjut Suhendra menambahkan. (fn).

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up