Berita

Job Fair di Lebak tawarkan Lowongan Kerja di Korea, Taiwan, Hongkong, Qatar, Kuwait dan Malaysia

Kanigoro.com – BNP2TKI bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan kabupaten Lebak menggelam Pameran Bursa Kerja dan Bazar Produk PMI Purna di Stadion Onas, Lebak, Banten, 18- 20 Desember 2018.

Pameran bursa kerja dan bazar digelar dalam rangka merayakan Hari Buruh Migran International yang jatuh pada 18 Desember setiap tahun.

Kepala BP3TKI Serang, Ade Kusnadi membuka acara dan menyatakan bahwa terdapat lowongan pekerjaan di 6 (enam) negara tujuan yang dipamerkan dalam bursa kerja ini. Keenam negara tujuan penempatan tersebut antara lain, Korea,  Taiwan,  Hongkong,  Qatar, Kuwait dan Malaysia untuk sektor perkebunan dan pabrik.

“Bursa kerja ini menyediakan informasi peluang kerja di dalam dan di luar negeri beserta prosedur penempatan bekerja ke luar negeri.” ungkap Ade dalam sambutannya dalam pembukaan Pameran Bursa Kerja dan Bazar Produk PMI Purna di Stadion Onas (18/12).

Ditambahkan Ade, bahwa bursa kerja ini merupakan bentuk dukungan dan perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang membutuhkan pekerjaan dan upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

“Terdapat lowongan pekerjaan untuk dalam negeri maupun luar negeri dengan persyaratan pendidikan minimal SMA/SMK.” tambahnya.

Beberapa Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) diikut sertakan untuk meramaikan acara.

Dikatakan Ade Kusnadi, agar para pencari kerja menyesuaikan kompetensi yang dimiliki dengan kualifikasi yang ditentukan.

Pameran Bursa Kerja dan Bazar produk Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna berlangsung lancar dan meriah dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak, Dede Jaelani dan lejabat daerah lainnya.

Bazar Produk PMI Purna

Selain pameran bursa kerja, hal lain yang menjadi daya tarik acara ini adalah bazar produk PMI Purna, menghadirkan 5 (lima) kelompok Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM).

Ade Kusnadi menjelaskan bazar produk PMI Purna ini bentuk dukungan pemerintah kepada PMI Purna berwirausaha.

“BP3TKI Serang melibatkan kelompok KKBM untuk membantu memasarkan hasil produknya “, ujar Ade Kusnadi.

Ade berharap, melalui kelompok  PMI Purna wirausaha dan KKBM mampu menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar, agar tidak lagi kembali bekerja ke luar negeri tetapi cukup berwirausaha didalam negeri untuk kesejahteraan keluarga.

5 KKBM yang berpartisipasi antara lain, KKBM Sukarame dari kecamatan Sajira, KKBM Teluk Lada dari Panimbang,  Pandeglang, KKBM Lonsera dari Tirtayasa, Serang, KKBM Domas dan KKBM Legok, dari Kabupaten Lebak, terdiri dari 100 peserta. Produk-produk yang dipamerkan dalam kegiatan ini yaitu Budidaya madu dan beragam makanan olahan.(t/bn)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up