Berita

Jelang Pilkada Serentak 2020, LP3ES-IPOL Siap Bantu Survey dan Pemetaan Politik

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, suhu politik di berbagai daerah mulai menghangat. Sebanyak 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota akan menggelar pesta demokrasi lokal secara serentak pada 23 September 2020. Hal ini menjadi perhatian Direktur LP3ES Fajar Nursahid.

“Dinamika politik di berbagai daerah menarik untuk dicermati. Kami tim LP3ES siap melayani jasa survey pemetaan politik dan perilaku pemilih para kandidat dalam kontestasi pilkada serentak,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Senin (9/9).

Sebenarnya LP3ES menurut Fajar hanya akan fokus pada jasa survey. Tetapi jika ada calon-calon kepala daerah potensial yang akan maju dalam pilkada menghendaki paket survey, konsultansi dan pemenangan politik sekaligus, LP3ES bekerjasama dengan IPOL (IT Research and Political Consultant) siap menjadi mitra yang handal.

“Karena itu LP3ES membuka kesempatan kepada mitra dan jaringan peneliti yang ada di berbagai daerah. Kita bisa bekerjasama menemukan orang dengan rekam jejak yang baik, punya visi kuat membangun daerah yang akan maju dalam pilkada nanti. Untuk itu nantinya bisa dilayani melalui jasa survey, konsultansi dan pemenangan pilkada,” tambah Fajar.

Sedikit memberi gambaran tentang teknopol yang dikembangkan IPOL, mitra kerja sama LP3ES, Fajar menjelaskan, “Teknopol merupakan perangkat lunak yang menggunakan sistem berbasis web. Melalui perangkat lunak tersebut, akan dijaring komunikasi bergerak, disertai big data iPol Analitik yang mampu mengolah data matematika politik, serta teknik statistik dalam membaca dan mendesain peluang kontestasi dan pemenangan dalam pilkada nanti.”

Bagaimana bentuk pelayanan yang diberikan kepada calon-calon klien potensial, LP3ES-IPOL siap mempresentasikan konsep paket jasanya. “Tentu dengan pengawalan teman-teman peneliti dan jaringan LP3ES di daerah,” katanya menutup perbincangan.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya
Scroll Up