Berita

Istiqlal Sediakan Lift dan Toilet Khusus Sambut Raja Salman

Jakarta, Kanigoro – Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abd Salam mengatakan pihaknya siap menerima Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz setelah waktu shalat Dhuhur, Kamis (2/3).

“Rencananya Raja Salman akan datang ke sini pada Kamis, 2 Maret 2017, bada Dhuhur,” kata Abu saat dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan beberapa yang dipersiapkan pengelola seiring rencana kedatangan delegasi Saudi itu adalah penyediaan lift khusus Raja Salman.

Raja Salman sendiri membutuhkan lift untuk memudahkannya mengunjungi lantai atas Istiqlal.

“Terdapat BUMN yang mengurusi pengadaan lift untuk Raja Salman karena yang bersangkutan sudah berumur, tidak bisa naik tangga maka pake lift,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pihak masjid akan menyediakan tempat duduk dan kamar mandi untuk kebutuhan wudhu Raja Salman. Dalam beberapa hal fasilitas itu akan dirombak sesuai kebutuhan raja bergelar “pelayan dua Tanah Suci” tersebut.

Selanjutnya, Abu mengatakan pengelola Istiqlal akan mempersiapkan lahan parkir untuk delegasi Saudi beserta tamu penting para pejabat Indonesia yang menampingi kunjungan tersebut.

“Hingga saat ini, paspampres dan protokol belum menginformasikan agenda lebih detail. Tetapi kemungkinan Raja Salman akan datang untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid (penghormatan masjid), kemudian sambil jalan akan diceritakan sejarah Masjid Istiqlal,” kata dia. (antara)

Selanjutnya

Artikel Terkait