Berita

Ini Penampakan Dampak Gempa 7,6 SR di Papua

Kanigoro.com  – Posko BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD Papua terkait dampak gempa 7,6 SR yang terjadi di Papua. Pusat gempa 7,6 SR berada di wilayah PNG sedangkan beberapa wilayah di Papua Indonesia merasakan guncangan gempa.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, berdasarkan laporan tidak ada kerusakan dan dampak gempa di Kabupaten Tanah Merah, Merauke dan Oksibil. Berdasarkan peta gempa dirasakan di tiga wilayah tersebut hanya merasakan gempa IV MMI (agak lemah) sehingga tidak merusak bangunan. Apalagi di 3 daerah tersebut sebagian besar rumah dari kayu dan atap seng sehingga mampu meredam gempa. Gempa dengan intensitas VII MMI (kuat) dirasakan di wilayah PNG.

Sedangkan di Kabupaten Bovendigueol dilaporkan ada kerusakan bangunan.
Laporan dari BPBD Papua, bahwa situasi dan kondisi Kota Bovendiguel pasca gempa bumi dengan kekuatan 7,6 SR yang terjadi subuh dini hari tanggal 26 Februari 2018 pukul 02:44,45 WIT atau pukul 00:44,45 WIB, untuk Kota Tanah Merah aman. Hanya terjadi kepanikan warga akibat gempa yang terjadi,” ujar Sutopo, Senin (26/2/2018). Ditambahkannya, sampai saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan di lapangan.

“Aparat dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kab. Bovendiguel sementara melakukan pendataan di distrik-distrik terdekat,” imbuh Sutopo.

Sutopo mengaku pihaknya agak kesulitan mendapatkan informasi sesuai prosedural berjenjang karena sampai saat ini Kabupaten Bovendiguel belum membentuk BPBD. “Oleh sebab itu kami berusaha hubungi teman-teman di Dinkes dan Dinsos yang ada di lapangan,” kaya Sutopo.

Hingga saat ini, terdapat kerusakan bangunan 1 masjid, 1 pos TNI, Gedung SD, kantor distrik, 1 rumah warga rusak di wilayah distrik perbatasan Mindiptanah, Kombut, Arimop. Korban jiwa belum ada laporan. “Kondisi medan yang jauh, aksesibilitas terbatas dan jaringan komunikasi yang susah menghambat pendataan,” pungkas Sutopo.(azr)

Tags
Selanjutnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: