Berita

Indonesia Butuh 113 Juta Tenaga Kerja Terampil

Jakarta, Kanigoro.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri mengungkapkan, hingga tahun 2030 mendatang, Indonesia butuh 113 juta tenaga terampil.

Hal itu berdasarkan hasil riset McKinsley Global Institute (MGI) yang diolah dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2016 dimana Indonesia memiliki potensi menjadi Negara ekonomi ke-7 terbesar di dunia pada tahun 2030 mendatang.

Di satu sisi, hasil riset Badan Perencanaan dan Pengembangan Kementerian Ketenagakerjaan yang diolah dari data BPS pada tahun 2015 menunjukkan jumlah tenaga kerja terampil yang dimiliki Indonesia saat ini baru 57 juta orang.

“Artinya, Indonesia membutuhkan supply tenaga kerja terampil sebanyak 3,7 juta per tahunnya,” ungkap Hanif saat menghadiri acara Pelepasan Pemagangan Program Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Kantor Bupati Karawang, Jawa Barat, Kamis (13/4).

Menurutnya, selain kekurangan tenaga kerja terampil persoalan lain adalah kondisi angkatan kerja Indonesia yang didominasi lulusan SLTA ke bawah juga mismatch keterampilan antara pekerjaan dengan latar belakang pendidikan.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengejar ketertinggalan jumlah tenaga kerja terampil adalah dengan menggandeng pihak swasta melalui program pemagangan nasional terpadu di industri, ujarnya.

Setelah resmi dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo di Kawasan Industri Karawang Internasional Industrial City pada 23 Desember 2016, hari ini Kemnaker beserta Kantor Dagang Indonesia (Kadin), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Bupati Karawang, serta perwakilan Kementerian Koordinator Perekonomian, menyaksikan penandatangan nota kesepahaman antara Disnaker Karawang dan Perusahaan sebagai tindak lanjut.

Di kesempatan yang sama 670 peserta pemagangan dilepas untuk mengikuti pemagangan yang tersebar di 22 perusahaan di Karawang. 22 perusahaan yang berpartisipasi terdiri dari sektor tiga sektor yaitu manufaktur, perhotelan, dan ritel. (Azr)*

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait